Topik Tulisan yang Nge-Trend Sepanjang Jaman

urip.wordpress.com

Blog katanya akan semakin eksis kalau banyak didatangi pengunjung. Itu tidak lepas dari isi tulisan blog itu sendiri. Kalau mau menarik minat pastikan isinya sesuai dengan trend pencarian. Tulislah apa saja yang memang tidak lekang oleh waktu. Topik hangat sesaat tidak terlalu bagus karena suatu ketika akan mengalami penurunan. Saya sendiri tidak terlalu perduli dengan hal itu. Tetapi kecenderungan pengunjung hadir di blog kita dapat dipelajari dengan memperhatikan statistik blog itu sendiri. Sekali lagi itu kalau kita perduli dengan hal ini.

Sekarang ini banyak sekali cara-cara tidak etis dalam menjaring pengunjung. Kali ini saya tidak membicarakan hal itu. Saya hanya bercerita tentang bagaimana kita bisa menulis lagi agar menjadikan blog kita semakin spesifik. Semakin spesifik maka google katanya semakin suka dengan blog kita. Dan ini akan dihargai dengan pagerank yang menanjak.

Apapun itu yang jelas kita harus pandai memikat mulai dari judul tulisan hingga penggunaan tag yang tepat. Saya juga sudah mengamati bahwa orang Indonesia kebanyakan memang senang membuka tulisan yang bernada vulgar. Judul pun boleh saja dibuat vulgar meskipun isinya kita tidak berniat membuat tulisan porno atau parno. Saya contohkan saya pernah menulis dengan judul “Keseksian Mata Pelajaran Mengantarkan Saya Menjadi Guru“. Kata seksi sepertinya menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung hingga ia nge-klik blog kita. Ini baru judul.

Belum lagi isi. Coba kalau kita mau berpikir apa yang paling banyak dicari orang dan itu pasti menjadi kebutuhan bagi setiap netter. Ini juga akan menjadi jurus jitu untuk “memaksa” pengunjung datang ke blog kita.

Saya contohkan dengan analogi dalam kehidupan keseharian, setiap orang butuh makan, pakaian, dan tempat tinggal. Kalau mau untung besar dan tidak akan rugi kalau mau berbisnis dan pasti dicari banyak orang adalah 3 hal tadi. Tapi yang paling laku keras pastilah soal makanan. Jual saja beras. Nah itu analoginya.

Kemudian bagaimana dengan isi tulisan blog? Saya hanya mengamati isi blog sendiri, yang paling banyak dicari adalah soal buku, buku gratis. Memang setiap orang pasti perlu buku. Orang banyak yang mencari buku bagus dan itu tersedia di google book. Saya pastikan bagai pengguna pemula pasti ingin tahu cara bagaimana sih caranya bisa mengunduh buku dari google book. Akhirnya tulisan saya “Google Book Downloader untuk Download Buku dari Google” selalu nangkring di halaman pertama pencarian hanya dengan kata kunci “google book”.

Selanjutnya kita perlu ingat bahwa kebanyakan orang yang mengakses internet itu adalah untuk mencari sesuatu terkait keperluannya. Misalnya siswa. Siswa sering mencari sesuatu terkait tugas yang diberikan oleh gurunya. Kalau kita jeli apa itu, saya misalkan “contoh naskah drama”. Ini adalah hal yang tak akan pernah berhenti untuk diburu siswa-siswa Indonesia. Dan saya yakin tulisan yang terkait dengan itu sampai kapapun akan dicari dan dicari terus. Siapa yang menulis pertama kali soal itu biasanya google akan menempatkan di halaman pertama hasil pencarian, seperti tulisan saya tentang google book itu.

Berikutnya adalah tentang apa yang menjadi tugas bagi mahasiswa. Menurut analisa saya dari tulisan di blog saya, ternyata banyak mahasiswa yang belum tahu bagaimana mengatur halaman untuk membuat tugas atau skripsinya. Topik ini  lumayan banyak juga dikunjungi orang. Artinya tidak keliru kalau kita ingin membuat tulisan yang tidak akan berhenti dikunjungi orang adalah dengan menulis topik yang memang setiap saat akan diperlukan orang itu.

Saya contohkan lagi, tulisan saya tentang software desain rumah yang saya tulis tahun 2006. Sampai dengan hari ini tetap saja ramai dikunjungi. Ini karena setiap orang silih berganti ingin membuat rumah dengan mendesain sendiri sebagus mungkin tapi tidak mau repot. Caranya memang dengan menggunakan software desain rumah yang gampang untuk digunakan atau dipakai. Ingat rumah adalah kebutuhan setiap orang sampai kapanpun. Jadi tulisan seperti itu memang menjadi benar-benar tak lekang oleh waktu.

Masih banyak sekali topik lain yang sudah pasti akan diperlukan dan dicari orang sepanjang waktu. Coba pikirkan sendiri apa saja itu 🙂

Sekali lagi itulah tips yang akan menjadikan blog kita selalu ramau dikunjungi. Itu jelas bukan cara curang, dan tidak menyesatkan pengunjung blog. Tidak menipu. Meskipun begitu kadang ada saja yang merasa tertipu akan judul tulisan blog kita. Salahkan saja mesin pencari yang digunakan 🙂

Selamat menulis.

Iklan

One response

  1. Terimakasih Pak Guru. Tulisannya mantab terasa manfaatnya. Yang susah itu mencari topiknya yang bagus itu? Barang kali ada masukan untuk saya?