Kongres IGI 2011 & Seminar Gerakan Guru Melek Internet

urip.wordpress.com

Ikatan Guru Indonesia (IGI) memang bisa banyak diharap untuk memperjuangkan perbaikan kebijakan pendidikan Indonesia. IGI juga bisa dijadikan ajang untuk peningkatan profesionalisme nyata bagi guru Indonesia. Gerakan perlahan namun nyata dan menyentuh “bumi pendidikan”. Pucuk pimpinannya layak diandalkan, anggotanya layak diharapkan untuk “sedikit” berkontribusi dalam melaksanakan pendidikan yang baik.

Tak perlu membandingkan wadah perjuangan guru, tak perlu pula menepuk dada. Pergerakan secara masif, komitmen pengurus dan anggota menjadi penentu setiap organisasi profesi termasuk IGI. Guru adalah variabel penentu pendidikan maka IGI dengan niat tulus menjadi wadah yang tidak hanya sekadar wadah bagi guru dan siapa pun yang memiliki kepedulian dengan pendidikan di negeri ini. Apa pun wadahnya guru berkumpul semua demi perbaikan. Antipati dengan wadah perjuangan tak pantas digeneralisir. Klaim dengan menepuk dada justru menunjukkan ke-tak-ikhlas-an berjuang dan berkontribusi.

Wadah perjuangan dipilih bukan sekadar mencari kesibukan tak berguna, atau mencari posisi jabatan. Pencapaian tujuan bersama dengan komitmen tinggi adalah segalanya. Apapun perahu-nya tujuan adalah segalanya, menjadikan guru lebih baik, lebih profesional. Bila perahu 1 tak lepas jangkar untuk segera mengarungi lautan menuju dermaga destinasi mengapa tak naik perahu lain. Mari berangkat dengan perahu yang baru, mencapai keprofesionalan, keprofesionalan pendidik baik secara langsung maupun tak langsung.

Tanggal 21-23 Juni IGI akan melakukan kongresnya yang pertama kali. Saya bangga meskipun di daerah saya belum sempat launching, padahal kepengurusan teklah terbentuk. Saya tidak bisa hadir di sana sebagai peserta kongres, tetapi saya akan memberikan kontribusi pemikiran yang mungkin akan berguna, lewat seminar dalam rangkaian kegiatan tersebut. Senang sekali bisa bertemu dengan para pengurus IGI yang energik, yang membumi, yang bisa ditemui kapan saja, yang mau diajak berdiskusi tentang apa saja. IGI luar biasa…

Berikut sekilas jadwalnya

 Acara  : Kongres Ikatan Guru Indonesia (IGI)
 Tema   : Menjadi Guru Profesional, Membangun Bangsa
 Tanggal: 21 - 23 Juni 2011
 Lokasi : Gedung Kemdiknas, Jalan Jend. Sudirman - Senayan, Jakarta

Menurut kabar Kongres IGI akan dilaksanakan di Jakarta, dan akan ada rangkaian kegiatan seminar juga, Insya Allah saya akan turut meramaikannya 🙂 Seminar dalam rangka Konggres IGI tersebut akan mengambil tema “Gerakan Guru Melek Internet” yang akan di-support penuh oleh Telkom Indonesia, IGI, dan Acer Indonesia.

Bagi rekan guru yang ada di sekitar Jakarta silahkan menunggu info berikutnya terkait teknisnya atau cek saja di web http://igi.or.id/. Mari terus berbagi untuk tumbuh dan maju bersama.

Sampai jumpa di Kongres pertama IGI  tahun 2011 :D.

Iklan

5 responses

  1. Om kalau mau ikut seminarnya bayar tak?

    1. Wau saya belum tahu kalau soal itu, tunggu info di web igi.or.id aja atau di igi dki jakarta yah.

  2. Hiks… Belum ada terus beritanya di web IGI 🙂

    1. Iyah nih akhir-akhir ini web igi gak ter-update. perlu di kritik 🙂

  3. mantap kang seminarnya