Keuntungan Menggunakan Web Offline (Luring) untuk Pembelajaran

urip.wordpress.com

Begitu banyaknya informasi yang dapat diserap siswa, baik saat di rumah atau di sekolah bahkan di mana pun siswa berada dan kapanpun. Apa lagi kini media tidak melulu harus menggunakan komputer yang ada di atas meja yang teronggok kaku, berat untuk dipindahkan. Kini tersedia beberapa pilihan, ada laptop, ada komputer tablet, bahkan ada smartphone. Jika dulu sumber belajar terorganisir dalam sebuah buku atau media lain yang bersifat tetap, kini tersedia berjuta informasi melalui internet. Tugas guru kini “sedikit” dipermudah dengan adanya internet. Banyak pilihan. Hanya bermodal lihat-klik siswa sudah dapat menjelajah dunia. Lalu peran guru di bagian mana dipercaturan pembelajaran dengan teknologi yang semakin maju ini?

Tidak lebih hanyalah memberikan arahan dan pengertian, sebagai fasilitator dalam pembelajaran. Itulah tugas guru kini. Luasnya informasi yang tersedia, kita guru, sebagaimana tututan peran sebagai fasilitator tadi maka cukup memberikan arahan dalam pembelajaran. Semua itu memerlukan layanan internet yang memadai. Untuk Indonesia pada umumnya ketersediaan layanan tersebut masih tergolong “mahal” dan langkah. Kalaupun tersedia kecepatannya belum cukup. Karena alasan itulah maka perlu pensiasatan agar berbagai sumber di internet bisa diakases siswa dengan mudah, cepat dan terarah. Andai tidak harus terhubung internet namun tetap bisa menjelajah maka tidak dipungkiri siapapun dibelahan dunia ini bisa memanfaatkan informasi untuk aktivitas belajarnya.

Alternatif untuk itu adalah tersedianya website yang bersifat offline, website yang dapat diakses ketika tidak tersedia koneksi internet. Jadi peran guru adalah menyediakan sebanyak-banyaknya website offline yang bisa dijadikan referensi pembelajaran siswanya. Selanjutnya hasil unduhan website yang sudah offline tadi bisa dibagikan ke siswa atau diletakkan dalam sebuah jaringan intranet di sekolah. Sekali lagi ini dilakukan manakala akses internet masih menjadi masalah bagi kebanyakan sekolah. Dalam pikiran saya andai dalam suatu daerah atau wilayah semua itu terkoordinasi dengan baik, ada kerja sama antar guru, guru mau berbagi dengan hasil “pendapatan”nya dalam mengumpulkan berbagai sumber belajar maka dengan cepat suatu daerah akan memiliki referensi yang cukup. Guru berbagi dengan sesamanya untuk saling membantu menyediakan sumber belajar.

Prosedur kongkritnya adalah:

  1. Guru secara bersama-sama (dengan guru lain atau dengan siswa) memberikan referensi web offline sesuai dengan pokok bahasan yang akan dipakai dalam kurun waktu tertentu dengan panduan kurikulum.
  2. Website offline tersebut dibagi atau diletakkan dalam suatu jaringan komputer sekolah yang bisa diakses siswa.
  3. Pengelompokan web-web untuk tiap pokok bahasan dengan membuat tautan (link) untuk memberikan kemudahan siapapun yang memerlukan.

Keuntungan menggunakan web offline:

  1. Cukup sekali untuk terkoneksi dengan internet.
  2. Hemat dan cepat tidak lagi memerlukan koneksi internet.
  3. Siswa bisa melakukan eksplorasi dari website offline yang disediakan dan terarah.
  4. Guru menjadi aktif untuk mencarikan alternatif referensi bagi siswanya.
  5. Menjalin kerja sama baik dengan guru lain atau bahkan bisa melibatkan siswa (dengan penugasan) untuk saling melengkapi kebutuhan sumber pembelajaran.

Salah  satu aplikasi gratis yang dapat digunakan untuk mengunduh website antara lain httrack. Versi installan dapat diunduh di sini, versi portable dapat diunduh di sini. Versi portable itu tidak perlu diinstall di komputer tapi langsung dapat digunakan, ini cocok sekali kalau kita berniat mengunduh suatu web di warnert Agar efektif penggunaanya dapat diberikan arahan secara teknis, misalnya bagaimana mengatur agar pengunduhannya terarah hanya pada tautan yang relevan dengan pelajaran.

8 responses

  1. artikel yang sangat bagus..trims

  2. Manteb nih, bisa untuk ngunduh website yang asyik-asyik.

    1. Yang asyik-asyik itu contohnya gimana kang? 🙂

  3. saya juga pakai ini tapi yang instalan, bersyukur kalau ada yg portable jadi mohon izin download

  4. puisi bertema INDONESIA BERSYAIR MERAJUT JATI DIRI

    TOLONG BERI KOMENTAR YA !

  5. Mana mungkin bisa di bawa kemana saja,,

    Kan Gax mungkin saat kita mau Ke Kamar Mandi D i Bawa Iyach kan…???
    🙂

  6. Kami sangat menghargai kontribusi anda atas web/blog yang telah anda buat, sehingga sangat bermanfaat bagi banyak orang, semoga sukses kedepan buat anda dan kembangkan terus daya kreativitas anda, salam super….http://tiketpesawatmurah.okebos.net/

  7. Menarik tulisan bapak ini dan sangat bermanfaat 🙂