Asyiknya Mengajar Kimia Menggunakan Blog dan Komputer

urip.wordpress.com

Blog meskipun jumlah penggiat semakin surut tapi saya yakini secara mutu semakin berkualitas. Ada saja yang mencoba konsisten (tidak termasuk saya 🙂 ). Dengan blog siswa dapat diarahkan untuk memanfaatkan berbagai kemudahan yang diberikan guru melalui blognya agar siswa belajar semakin efisien. Berharap hasilnya bisa mendukung proses pembelajaran konvensional. Apakah itu (maksudnya mengoptimalkan blog untuk pembelajaran) berbanding lurus dengan nilai akhir?

Saya tidak pernah mengaitkan hal itu dengan nilai akhir, apalagi dikaitkan dengan hasil ujian nasional (UN). Tapi pengoptimalan blog untuk pembelajaran jelas bermakna secara signifikan  bagi proses pemahaman siswa dalam mempelajari berbagai konsep-konsep kimia, pelajaran yang saya ajarkan. Jadi bagaimana siswa mendapatkan persepsi dan pemahaman tentang materi pelajaran dengan benar itu yang utama. Semua itu diharapkan bisa sedikit banyak mendongkrak angka hasil belajarnya meskipun itu bukan tujuan utama.

Saya sudah mencoba untuk membuat blog yang dapat membantu siswa saya atau mungkin siswa sma pada umumnya serta rekan guru yang memerlukan beberapa referensi (sumber belajar) untuk beberapa materi kimia melalui pranala atau link yang saya dapati. Hampir setiap kesempatan siswa saya suguhi berbagai link yang dapat dijadikan rujukan saat membahas materi pelajaran. Sekilas siswa saat itu antusias dan semakin bersemangat untuk ingin tahu lebih banyak tentang apa yang ia pelajari. Itu jelas memberikan support kepada saya untuk semakin “rajin”.

Seperti hari ini siswa kelas XI IPA mempelajari berbagai bentuk molekul. Saya ajak mereka untuk mencari berbagai referensi di internet tentang bentuk molekul dan itu membuatnya jauh lebih memahami bentuk molekul. Tidak hanya gambar 2 dimensi tetapi mereka mendapatkan bentuk yang “sesungguhnya” dalam bentuk 3 dimensi. Selain itu saya juga menggunakan aplikasi Chemskecth, jadi bentuk-bentuk molekul bisa diberikan secara “live”. Inilah kemudahan pembelajaran yang didukung dengan menggunakan komputer. Di blog saya sudah berikan sedikit ulasan dan paparan bagaimana menggunakannya sehingga semua siswa bisa mengeksplorasi lebih jauh.

Bahkan berdasarkan pengalaman bersama siswa kadang kita jumpai hal yang tidak sesuai dengan teori di buku-buku. Ini adalah hal menarik sehingga kita sebagai guru juga mendapatkan pengalaman baru dan terpacu untuk mengkaji lebih mendalam tentang ketidaksesuaian itu. Misalnya ketika saya akan menggambarkan bentuk molekul BF3, ternyata dengan Chemsketch saya tidak mendapatkan bentuk segitiga planar tetapi bentuknya menyerupai NH3, meskipun sudah dilakukan optimasi struktur molekul. Ini merangsang saya untuk bisa memberikan penjelasan mengapa itu bisa terjadi, bahkan nantinya bisa memberikan masukan kepada para pengembang software tersebut andai itu belum diperbaiki.

Berbeda dengan ketika menggunakan Hyperchem versi 8 bentuk molekul BF3 sudah sesuai dengan referensi buku kebanyakan. Memang Chemsketch dengan Hyperchem meruapakan software kimia yang dibuat dengan beda tujuan penggunaannya. Chemsketch hanya “ingin” memberikan gambaran kimia secara kasar sedangkan Hyperchem merupakan aplikasi yang dispesialkan untuk komputasi kimia dengan menggunakan teknik perhitungan atau algoritma dengan “benar”.

Demikian tadi sedikit catatan setelah mengajar kimia tanggal 6 September 2011 di kelas XI IPA.

7 responses

  1. saya juga mencoba merncurahkan kepenatan skripsi di kmia komputasi lewat blog agar adek2 yang nantinya akan tugas akhir di sini tahu mereka harus apa..

  2. Selamat Pak sudah menang Guraru Award dan Bronze di ISBA 2011 #Minggu ke 2

  3. teknologi sekarang memang canggih ya. Asal penggunaannya tepat, bisa mempermudah segalanya..

  4. artikel yang inspiratif, semoga saya bisa memaksimalkan Blog Buat menambah pemahaman siswa, terima kasih pak.

  5. Mengajar kimia dengan memanfaatkan media memang sangat mengasikkan dan juga membuat tingkat motivasi belajar siswa tinggi. Karena kimia sangat erat kaitannya dengan beragam bentuk molekul maupun struktur yg akan mudah dijelaskan jika penyajiannya menggunakan medi audio visual dan blog sbg bahan referensinya.

  6. SAYA INGIN SEPERT ANDA MOHON BANTUANNYA

  7. blognya bagus sangat representatif saya dapat menggali banyak informasi dan ilmu untuk pengerjaan skripsi saya…