Pingin Menang Lomba Guraru Award Kedua dari Acer?

urip.wordpress.com

Lomba untuk guru yang didasarkan atas penilaian blog guru sudah sekian kali terselenggara di Indonesia. Suatu bentuk perhatian bagi corporate yang selama ini menangguk untung atas berbagai produk yang dipasarkan di negeri ini. Salah satunya yang secara intens memberikan CSR (corporate social responsibility) untuk dunia pendidikan adalah Acer. Berbagai hajatan yang melibatkan guru atau dunia pendidikan pada umumnya Acer selalu mensupportnya. Salut… Terima kasih kepada Acer Indonesia.

Seperti pemberian penghargaan bagi guru melalui blog yang dibuatnya, Acer tahun ini (2011) memberikan penghargaan Guraru Award untuk kedua kalinya. Saya adalah salah satu guru yang beruntung telah mendapatkan anugrah, Acer Guraru Award 2010. Banyak keuntungan selain hadiah (tentu saja) yang ketika itu saya terima. Kini giliran anda, guru yang rajin ngeblog, memanfaatkan blog untuk pembelajaran, pembelajaran bagi siswa atau untuk berbagi dengan sesama rekan guru.

Bagaimana agar memenangi lomba Guraru Award 2011 dari Acer melalui acara OnOffId (Pesta Blogger 2011)? Berikut pengalaman saya yang ketika itu saya lakukan hingga juri memberikan penghargaan itu kepada saya.

Karena ada ketentuan, syarat, dan lain-lainnya yang ditetapkan panitia, tentu kita harus mengikuti aturan main yang diberikan itu. Itu sudah pasti, anda semua pasti tahu dan mahfum. Syarat dan ketentuan lomba ini saya kutib langsung dari sumber resminya:

Berikut ini adalah syarat untuk nominasi Guraru Award:

  1. Aktif berkontribusi terhadap dunia pendidikan Indonesia melalui media blog
  2. Blog yang dinominasikan berusia minimal 1 tahun (sejak Agustus 2010)
  3. Blog adalah milik pribadi dan bukan kelompok atau sekolah
  4. Blog dimiliki oleh guru
  5. Seluruh profesi guru (tidak harus anggota PGRI/IGI) boleh turut serta
  6. Blog telah dimaksimalkan untuk berbagi pengetahuan dan dilibatkan dalam proses belajar mengajar atau menjadi sarana interaksi antara guru dan murid
  7. Guru juga mendorong murid untuk pemanfaatan teknologi, khususnya jejaring sosial, dengan positif
  8. Penggunaan jejaring sosial lain (Twitter, Facebook, forum, dll.) untuk berbagi tentang pendidikan menjadi nilai tambah.

Inti dari semua persyaratan dan ketentuan menurut saya adalah pada point ke-6 dan ke-7. Bagaimana blog yang kita punya itu dapat kita maksimal-kan untuk pembelajaran dan berbagi dengan memanfaatkan teknologi informasi. Jadi bukan sekedar asal ngeblog ala guru. Maksud saya konten yang utama adalah bagaimana blog kita bisa mendukung pembelajaran dan sebagai sarana berbagi dengan sesama melalui teknologi informasi. Jadi fokuskan konten blog kita pada pemanfaatan TI, berbagi, terkait tugas keseharian kita sebagai guru. Tiga hal yang menjadi kunci sehingga blog kita layak masuk nominasi menurut saya: pemanfaatan TI, pembelajaran, dan berbagi. Konten lain saya kira hanya sekedar pendukung.

Beda memang fokus lomba Guraru dengan lomba blog guru lainnya. Di lomba blog guru umumnya adalah harus dilengkapi perangkat pembelajaran dan semua hal yang melekat pada tugas seorang guru mesti tampil di blog. Lomba Guraru Award tidak demikian. Fokuskan pada 3 hal tadi, bagaimana kita memanfaatkan TI dalam pembelajaran, baik pengalaman atau ide itu harus lebih kental terasa, dan semua itu dituangkan dengan maksud berbagi. Itu saya lakukan seperti saat lomba Guraru Award setahun lalu. Anda boleh cek bagaimana macam dan ragam tulisan saya ketika mengikutkan blog ini ketika itu (September 2010Oktober 2010). Emm… juga tulisan kita sebelum itu akan menjadi pertimbangan pastinya 🙂 Tidak harus  persis tulisan/blog saya yang hanya begitu-begitu saja, anda harus memiliki ciri khas tapi ciri khas tersebut tidak jauh dari rasa dan kekentalan konten blog tentang memaksimalkan blog untuk berbagi dan pembelajaran dengan menggunakan IT.

Ok selamat menata blog, mengisi blog sampai jumpa di acara penganugerahan Acer Guraru Award 2011 di akhir Oktober 2011 nanti.

Wassalam.

9 responses

  1. Gimana dengan blog saya ini mas ? Apakah memenuhi sarat untuk dilombakan…Mohon sarannya !!!!

    1. Pak I Wayan Putra: Blog secara visual menurut sy bagus, konten-nya mestinya lebih banyak nuansa TIK.

  2. Terima kasih pak atas tipsnya.. Jadi pingin menang..

    1. Semoga… pak Arie Iswadi

  3. selamat pak,,smg kita bisa belajar lebih bnyak,,

  4. Terimakasih Pak informasinya..
    Salam kenal dari Jepara Jawa Tengah.

  5. salam kenal pak urip. sy juga mencoba daftar,,, semoga jadi menambah pengetahuan.
    silahkan mampir dan mohon masukannya…! terima kasih

  6. Terima kasih informasinya Mas Urip, semoga omjay bisa mengikuti jejak Mas Urip untuk mengelola blog omjay di http://wijayalabs.com lebih baik lagi. Alhamdulillah hasil penelitian saya terbaru tentang pemanfaatan blog elah saya presentasikan di kegiatan simposium hasil penelitian dan inovasi pendidikan di denpasar bali pada 20-22 September 2011, dan telah saya presentasikan pula dalam kegiatan seminar internasional di UHAMKA JAKARTA. Mohon doanya menjadi finalis lomba keberhasilan guru dalam pembelajaran tingkat nasional 2011.

    salam
    Omjay

  7. senang bisa berkunjung kesini, salam kenal pak.kebetulan saya baru satu tahun jadi guru kimia, blog bapak sangat membantu 🙂