Bersama Belajar Permutasi & Kombinasi

urip.wordpress.com
Dari sekian buku matematika dan juga buku persiapan OSN SMP tak satupun yg memuaskan untuk dijadikan acuan belajar untuk anak yg baru akan masuk SMP. Browsing pun malas dilakukan karena hanya menggunakan 2G.

Akhirnya iseng sj melontarkan pertanyaan ke group IGI dan juga di status akun sendiri. Bersyukur ada yg mau berbagi serta ada yg memberi referensi bagus untuk belajar tentang bahasan permutasi dan kombinasi. Meski berbahasa Inggris tapi lumayan bisa terpahami setidaknya untuk sy sendiri, tidak untuk anak sy yg masih memerlukan pendampingan membaca artikel berbahasa Inggris.

Sebenarnya yg jadi masalah belajar permutasi dan kombinasi itu adalah kurangnya variasi soal, manakah soal yg bisa diselesaikan dengan konsep permutasi dan manakah yg bisa diselesaikan dengan konsep kombinasi. Kadang buku-buku berbahasa Indonesia tidak bisa memberikan pedoman atau panduan yg meyakinkan. Beberapa referensi dari teman cukup menarik untuk disimak dengan analogi yg mudah dimengeri dibandingkan hanya dengan kalkau permutasi itu begini dan kombinasi itu begitu. Contoh yg penting, untuk memahaminya lebih mudah dengan contoh.

Lagi-lagi dengan internet sy dan anak saya bisa belajar lebih enjoy sesuai dengan yg kami perlukan tanpa ada batas. Buku kadang menjajikan bahasan komprehensif namun sering tidak mudah dipahami. Atau karena kebebalan otak saja hingga gak paham-paham. Jadi ingat saat SMA dulu bahasan ini paling tidak saya suka. Kalimatnya kadang bisa multitafsir, membuat ragu itu masuk permutasi atau kombinasi. Semoga tidak lagi terjadi pada anak saya, cukup saya yg bingung saat iti, sekarang belajar lagi. Yakin ini karena kecerdasan tidak tinggi makanya perlu intensif belajarnya lagi dan lagi. Tertantang untuk bisa memahami sepaham-pahamnya. Sekali lagi semoga anak yg sedang terdampingi ini paham secepatnya dan tersimpan dengan baik. Bahasan itu akan ia jumpai lagi kelak di SMA.

Janji jika nanti paham saya akan tulis pengalamam saya dengan versi bagaimana orang bodoh memamahi dan mempelajari tentang permutasi dan kombinasi itu.