Alasan Siswa Enggan Bertanya di Kelas

Bertanya belumlah menjadi budaya siswa di negeri ini. Siswa pasif, karena guru dominan? Setiap ditawari ‘ada yang mau bertanya atau tidak jelas?’ praktis diam semua. Apa yang membuat siswa pasif secara mental? Ayo kita temukan alasan mengapa siswa Indonesia enggan bertanya di kelas. Silahkan tambahkan rentetan alasan siswa menurut versi kita, guru. Selanjutnya akan mudah kita temukan solusinya.

Berikut alasan yang sering mengemuka.

Pertama, siswa tidak paham sedikitpun tentang yang ia pelajari. Mengapanya perlu kajian selanjutnya.

Kedua, siswa tidak memahami apa yang menjadi kesulitan dirinya selama belajar atau selama mengikuti pelajaran di kelas.

Ketiga, siswa pasif disebabkan mereka tidak terbiasa berpikir kritis, mereka menerima apa adanya tentang semua yang ia dengar, baca, amati, mengapa ini terjadi?

Keempat, siswa pasif karena memang tidak pernah belajar di rumah, sehingga tak pernah menemukan masalah, mengapa ini terjadi?

Kelima, siswa sudah mengerti tentang apa yang dijelaskan guru. kalau yang ini tidak perlu dicari penyebabnya.

Keenam, siswa takut pertanyaan yang akan diajukan malah akan membuatnya malu, siswa tidak bisa mengemukakan permasalahannya. Lebih parah ia tidak juga mencari penyelesaian dari sumber lain.

Ketujuh, faktor guru yang menyebabkan siswa enggan bertanya. Guru semacam ini biasanya sering mengkritik pertanyaan siswa dan tidak membantu memperbaiki pertanyaan siswa.

Kedelapan, kadang dalam setiap kelas ada saja siswa yang dominan dibanding yang lain, akhirnya siswa lainnya menjadi minder untuk mengajukan pertanyaan.

Seterusnya silahkan ditambahkan 🙂

Iklan

2 responses

  1. Mungkin langkah selanjutnya perlu dijelaskan pak tentang bagaimana cara agar siswa mau bertanya di kelas atau minimal aktif di kelas.