Mathematics untuk Android

Belajar matematika semakin mudah dengan tersedianya banyak aplikasi. Sistem operasi Android yang tertanam pada komputer tablet, smartphone, membuat aplikasi terkait belajar semakin.nyaman untuk digunakan. Belajar bahasa, sains, matematika, bahkan seni suara atau rupa tersedia. Yang gratis dan berbayar tersedia melimpah. Bagus lagi kalau bisa membuat sendiri. Kalau tak bisa buat sendiri sebaiknya kita manfaatkan yang ada.

Matematika sebagai pelajaran menakutkan dengan berbagai polanya akan sedikit bisa menyenangkan ketika ada alat yang memudahkannya. Tentu saja mesti berdasar konsep yang benar. Seperti halnya alat hitung kalkulator siapapun harus tahu konsep yang mendasarinya sebelum lebih jauh menggunakannya. Tujuan utama digunakannya alat adalah untuk memudahkan kerja. Jadi sah-sah saja alat digunakan untuk mempercepat proses pembelajaran dan bukan sebagai jalan pintas menyelesaikan persoalan.

Mathematics untuk android adalah satu dari sekian banyak aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk belajar matematika yang dapat dipasang secara gratis di gadget berbasis android.

Siapa yang cocok menggukan aplikasi ini, yah siapapun yang sedang belajar matematika. Mulai siswa SMA sampai mereka yang belajar di universitas akan sangat terbantu. Lebih-lebih mereka yang berkutat dengan matematika, seperti mahasiswa matematika atau mahasiswa teknik. Namun demikian siswa setingkat SMP pun akan sangat terbantu, terutama pada pokok-pokok bahasan sistem persamaan linear, persamaan kuadrat, dan persamaan yang lebih tingga dengan mudah akan diperoleh penyelesaiannya.

Coba kita simak dari menu utamanya:

Tutorialnya bisa dilihat di tautan sebelumnya via youtube. Berbagai fungsi matematika juga tersedia bahasan kalkulus seperti fungsi polinomial, fungsi rasional, fungsi eksponensial, fungsi trigonometri dan berbagai fungsi kombinasi juga bisa di set sendiri sehingga dengan mudah mendapatkan penyelesaiaannya, seperti membuat sketsa kuva dengan penge-plotannya baik dalam plot 2D maupun 3D, menentukan derivate (turunan) dan integralnya, menentukan limit fungsi dan lain-lainnya.

Untuk mereka yang sedang belajar aljabar linier mungkin akan banyak terbantu dengan menggunakan menu vectors dan matrices, terdapat menu complex number yang sangat cocok digunakan mereka yang sedang menempuh mata kuliah bilangan kompleks 🙂 Tidak ketinggalan tentu saja ada konversi satuan yang sering kita perlukan dalam menyelesaikan permasalahan matematika dasar.

Iklan

One response

  1. aplikasi yang sangat terbantu.. terutama yang lagi saya pelajari bilangan kompleks..