Delapan Kunci Sukses Menguasai Kimia Dasar

Tulisan ini saya tujukan untuk anak saya yang sedang menempuh mata kuliah kimia dasar di kampusnya. Sayang sekali saat kuliah kimia dasar dosennya berhalangan hadir tanpa informasi. Ok-lah yang penting ini bisa dimanfaatkan untuk mempersiapkan diri lebih baik lagi. Kunci sukses ini tentu saja bisa diterapkan untuk siswa-siswa SMA yang sedang belajar kimia.

Tulisan ini saya adaptasi dari sini.

Ok, berikut ini delapan kunci sukses dalam menguasai kimia dasar.

  1. Mempelajari kimia itu seperti mempelajari bahasa baru. Untuk menjadi cukup mahir dalam waktu yang relatif singkat, sering-seringlah berlatih seperti memecahkan masalah, mengerjakan latihan soal, menggambar struktur, menulis ulang dan mengoreksi catatan. Dalam hal ini sangat cocok dengan karakter pelajaran kimia yang juga menuntut kuatnya hafalan untuk beberapa konsep penting, meskipun ini bukanlah hal utama dalam menguasai kimia.
  2. Bagaimana kemampuan matematika Anda? Kimia dasar sangat bergantung pada keterampilan matematika. Jika Anda memiliki kemampuan matematika yang lemah, Anda harus meminta bantuan kepada yang lebih menguasai matematika untuk belajar kembali dasar-dasar matematika. Mengetahui dasar-dasar matematika merupakan modal yang penting dalam belajar kimia.
  3. Persiapkan diri untuk belajar di kelas! Bacalah bab sebelum pembelajaran atau perkuliahan dimulai. Ini akan baik jika dilakukan semalam sebelum ke esokan harinya kita menerima materi itu.  Memahami tidak akan terjadi pada paparan pertama untuk materi baru, sehingga jika presentasi kuliah adalah paparan untu kedua kalinya, maka pemahaman Anda akan jauh lebih baik. Anda juga dapat mempersiapkan pertanyaan-pertanyaan dari apa yang telah kita baca sebelumnya itu. Sambil memperhatikan penjelasan dosen atau guru, simaklah apakah pertanyaan yang muncul ketika anda membaca materi pelajaran/perkuliahan itu terjawab atau belum. Kalau belum ajukanlah pertanyaan itu sehingga diri menjadi aktif ketika di kelas.
  4. Kuliah atau hadir di kelas itu penting! Melewatkan kuliah akan menjamin kegagalan. Kuliah dan buku teks melayani peran yang saling melengkapi. Pada saat mengikuti kuliah dimaksudkan untuk menyoroti konsep, menyederhanakan kesulitan dan memperluas implikasi. Dalam kuliah Anda harus penuh perhatian. Seorang mahasiswa yang matang akan menuliskan tidak hanya apa yang ditulis pengajar di papan tulis, tetapi juga apa yang pengajar katakan.
  5. Menerapkan pengetahuan Anda! Terapkan apa yang Anda dapat dari apa yang Anda pelajari. Ini adalah cara tercepat untuk mengetahui apakah pemahaman Anda tidak lengkap atau tidak benar. So selanjutnya tentu saja harus diperbaiki.
  6. Tulislah kembali apa yang telah kamu alami, kamu kerjakan, kamu dapatkan! Lakukan itu semua cukup dengan pena dan kertas. Kebanyakan orang mengingat hal-hal yang mereka telah tuliskan, ini jauh lebih baik daripada mereka hanya membaca atau memikirkan. Kalau ada waktu perkuliahan atau pelajaran yang kamu dapatkan bisa dituliskan ulang di blog seperti ini, siapa tahu orang lain akan dapat memanfaatkan dan dari tulisan di blog akan menolongnya.
  7. Belajar secara teratur! Keteraturan atau kekonsistenan studi kimia sangat penting untuk keberhasilan. Jika belajar dengan metode SKS (sistem kebut semalam) atau dalam waktu yang mendesak  sebelum ujian ini kemungkinan akan membuat kegagalan.
  8. Ajukan pertanyaan! Bertanya bukanlah hal buruk, bertanyalah ketika ingin mendapat penjelasan. Ingat belajar itu pakai modal, baik uang, tenaga dan pikiran serta waktu, oleh karena itu ambillah keuntungan dengan sebanyak-banyaknya berupa ilmu, pengetahuan dan pengalaman dari pengajarmu.

Tips di atas tentu tidak akan bermanfaat kalau tidak diterapkan, oleh karena itu terapkanlah itu. Bahkan untuk pelajaran lain itu juga bisa diterapkan.

Semoga sukses dalam belajar kimia.

2 responses

  1. Assalamu`alaikum ……, Kepada pengunjung blog ini dipersilahkan dengan hormat untuk berkunjung silahkan klik http://www.salafyciampeabogor.blogspot.com , semoga mendapatkan ilmu agama yang shohih dan bermanfaat.
    Baarakallahu fiikum.

    1. Assalamu`alaikum ……, Kepada pengunjung blog ini dipersilahkan dengan hormat untuk berkunjung silahkan klik http://www.salafyciampeabogor.blogspot.com , semoga mendapatkan ilmu agama yang shohih dan bermanfaat.
      Baarakallahu fiikum.