Untuk Para Siswa Jebak-lah Pelajaran di Blog

Aktivitas nge-blog selama ini hanya berbagi tentang apa yang kita lihat, kita dengar, kita rasa, dan yang kita alami, serta yang kita hayalkan.  Bagi pelajar, mahasiswa, atau kaum pembelajar lainnya, blog bisa dijadikan sarana untuk men-jebak pelajaran. Tentu saja dengan berprinsip ikatlah ilmu dengan menuliskannya.

Sebagaimana dalam delapan kunci sukses belajar kimia dasar pada tulisan sebelumnya, saya menuliskan:

Tulislah kembali apa yang telah kamu alami, kamu kerjakan, kamu dapatkan!  Kalau ada waktu perkuliahan atau pelajaran yang kamu dapatkan bisa dituliskan ulang di blog seperti ini, siapa tahu orang lain akan dapat memanfaatkan dan dari tulisan di blog akan menolongnya.

Dengan begitu kita akan mendapatkan manfaat ganda, manfaat buat diri sendiri dan manfaat buat yang membaca tulisan di blog kita. Manfaat buat kita sendiri adalah kita semakin kuat mengingat dan terlatih dalam menulis, manfaat buat yang membaca tulisan di blog kita adalah mendapatkan pengalaman dari apa yang kita alami dan kita rasakan 🙂

Detail materi pelajaran mungkin sudah banyak bertebaran di internet apa lagi di buku, tetapi kunci-kunci penting, tips dalam penguasaan berdasarkan paparan guru atau tenaga pengajar tentu saja tidak banyak tersedia. Inilah yang bisa dimanfaatkan dalam membuat “catatan pelajaran/perkuliahan” di blog.

Selain itu curhatan terhadap gaya mengajar pengajar mungkin akan menjadi bumbu dalam tulisan-tulisan kita sehingga menjadi lebih hidup. Demikian pula pandangan kita dalam menanggapi bahasan yang sedang dihadapi itu juga akan menambah semaraknya tulisan blog tentang pelajaran yang baru saja kita ikuti.

Dari tulisan-tulisan tersebut, jangan takut kebodohan kita akan ketahuan orang lain, justru dengan begitu kita bisa melakukan koreksi diri agar tidak melakukan kesalahan dalam pemahaman materi pelajaran yang kita terima.

Selamat menulis pelajaran versi dirimu. Ikatlah ilmu dengan menuliskannya!

Iklan

One response

  1. artikel inspiratif…nice content