RPP Kimia SMA yang Katanya Berkarakter itu

Saya sebenarnya sudah enek dengan berbagai jejalan kurikulum pendidikan di negeri ini. Niatnya mungkin baik, bahkan bagus banget, tetapi pelaksanaan di kelas kebanyakan sepertinya tidak beda antara sebelum dimuati atau setelah dimuati segala tetek bengek. Mulai dari imtaq, pendidikan lingkungan, pendidikan kewirausahaan, pendidikan karakter, dan entah apa lagi nanti. Yang terakhir dan jelas memusingkan banyak guru adalah rencana pelaksanaan pembelajaran yang harus bermuatan pendidikan karakter. Untuk pelajaran kimia tentu saja sudah banyak tersedia meskipun untuk mengunduhnya tidak mudah karena yang mengupload berharap “imbalan”.

Karena rasa ingin tahu Saya pun berhasil mengunduhnya melalui tablet via opera mini. Saya jengkel (sedikit) karena penyedia rpp tersebut tidak menyediakan tautan agar mudah diunduh. Saya tadinya memang penasaran bagaimana sih RPP kimia dengan muatan pendidikan karakter yang ada E’EK-nya (E’EK = eksplorasi elaborasi dan konfirmasi) itu. Namun setelah mendapatkannya saya kecewa karena kontennya begitu-begitu saja, nyaris seragam antar RPP bab 1 dengan yang lainnya. Btw, it’s Ok. Kata temen saya dari pada tidak punya dan saat disupervisi tidak bisa menunjukkan rpp pendidikan karakter. Masih kata temen saya toh supervisi yang dilakukan para supervisor juga hanya basa-basi, ia tidak mengerti pengajaran kimia dan semua itu tidak mendongkrak hasil belajar juga.

Bahkan ada beberapa sekolah yang rela membeli mahal RPP berkarakter yang sudah jadi, tinggal mengedit nama guru dan sekolah serta nama kepala sekolahnya. Apakah yang begini ini yang diharapkan pengambilkebijakan?! Hal-hal demikian ini jelas tidak menambah guru semakin baik tapi hanya semakin kreatif mencari, mengedit dan mengakali, yang penting ada RPP dengan bunyi RPP Pendidikan Berkarakter, titik.

Pendidikan di negeri ini memang kemauan banyak dan nafsunya tinggi, pingin sempurna segalanya, akibatnya karena mental belum siap, jadilah semua main akal-akalan. Jangan salahkan guru kalau guru berbuat seperti itu. Karena dari sononya memang niat baik tapi dibalik itu ada niat tidak baiknya. Ini hanya asumsi saya yang mungkin banyak kelirunya. Oleh karena itu mari kita ndagel bersama soal pemenuhan kebutuhan administrasi pengajaran. Semoga kondisinya segera berubah menjadi lebih baik.

Nah, bagi saudara setanah air, guru kimia sma sekalian, silahkan sedot, silahkan unduh RPP yang katanya bermuatan pendidikan karakter itu yang telah saya re-upload dari tautan yang sulit di download itu. Semoga kita bisa memenuhi sekedar administrasi pengajaran, dan semoga kita tidak berada pada jalan yang sesat 🙂

RPP Katanya Berkarakter Pelajaran Kimia Kelas 10 ( File M. Word bisa diedit)

RPP Katanya Berkarakter Pelajaran Kimia Kelas 11 ( File M. Word bisa diedit)

RPP Katanya Berkarakter Pelajaran Kimia Kelas 12 ( File M. Word bisa diedit)

Selanjutnya jangan lupa mengganti atau mengisi nama saudara, nama sekolah, dan kepala sekolah anda 🙂

2 responses

  1. terima kasih mas urip, semoga kita mampu menjadi guru berkarakter dan menjadi peserta didik berkarakter pula dengan RPP yang kita buat sendiri.

    salam
    Omjay

  2. ukuran gawean sebaiknya bukan karena “Supervisor”nya. Menurut saya, nikmati peran kita sbg GURU yg SEBENARNYA, Menanamkan karakter adalah wajib, krn itu investasi terbesar guru, bagi bangsanya, dunia, bahkan akheratnya…So, ada tidaknya SUPERVISOR bukan masalah…dan semoga para supervisor sadar, tugasnya bukan mencari kekurangan…tapi….bersama guru membuat kemajuan 🙂