Mengapa Belajar Flash Dirasa Sulit bagi Pemula?

Mengapa belajar flash untuk membuat animasi walaupun sederhana dirasa sulit bagi kebanyakan para pemula?

Setidaknya ada dua alasan yang bisa dijadikan pembenaran tentang hal itu.

  1. Kurang niat. Banyak pemula begitu melihat animasi yang bagus, kalau guru melihat media pembelajaran milik orang lain bagus lantas kepingin ikut bikin juga. Tapi begitu harus belajar banyak hal ia tidak sabar dan segera ingin bisa secara instan.
  2. Kurang kreatif. Dalam membuat animasi diperlukan daya pikir, logika dan perhitungan yang matang sehingga bisa menghasilkan sebuah animasi yang bagus, secara estetis, dan sesuai dengan tujuan dibuatnya animasi itu.

Lalu bagaimana agar kita bisa bersabar, dan memiliki kreativitas dalam membuat sebuah animasi?

Banyak cara, belajar saja langsung dengan yang sudah mahir. Meskipun di sekitar belum ada atau belum banyak yang mahir diskusi dengan teman yang punya niat yang sama akan menghasilkan sesuatu yang wah, kelak.

Dari internet. Internet adalah sumber belajar utama untuk bisa membuat kita bersabar, tentu saja menjelajah situs-situs penyedia tutorial tentang flash itu sendiri. Atau kalau sudah mulai agak bisa, manfaatkan forum atau group diskusi yang fokus tentang flash.

Menurut pengalaman saya yang sedang mengawali belajar membuat animasi atau flash adalah dengan mengamati animasi buatan orang. Mempelajari pola, disain, logika, bagian per bagian dari komponen sebuah animasi. Melakukan sedikit modifikasi dengan melakukan “save as” yang kemudian dibandingkan efek dari modifikasi yang dilakukan adalah cara relatif mudah untuk belajar membuat animasi pembelajaran atau media belajar dalam bentuk animasi.

Animasi statis atau interaktif intinya sama, bagaimana kita bisa memahami dan mengaplikasikan konsep yang ingin kita animasikan. Dari konsep yang sederhana dengan tujuan agar konsep mudah dipahami siswa kita lalu membuat urutan, langkah-langkah dalam menganimasikan konsep. Setidaknya inilah yang saya amati dari sebuah animasi hasil karya orang lain. Yah baru setidaknya karena saya baru sampai tahap memodifikasi belum sampai membuat karya.

Ingat mereka-mereka yang sekarang mahir membuat sebuah animasi tentu tidak dalam waktu singkat, ia rela menggunakan banyak waktu untuk otak-atik, bolak-balik, coba dan coba terus sampai memahami seluk beluk dari suatu aplikasi pembuat flash itu. Kalau mau instan?? beli aja mie instan 🙂

Iklan