Alternatif Media Pembelajaran dengan Format *.aam

Luar biasa jika kita mencari media pembelajaran tersedia berbagai format file. Tentu saja kita bisa memanfaatkannya di kelas atau untuk pembuatan media pembelajaran. Jadi inspirasi untuk mulai membuat sesuatu dengan format berbeda, menirunya, memodivikasinya dan memanfaatkannya. Salah satu format file yang saya dapati adalah file *.aam. Masih asing yah? Ok, file dengan ekstensi aam ini dapat dibuka dengan Authorware Web Player yang merupakan file Adobe Authoware Shocked. File ini bisa diedit dengan menggunakan aplikasi Adobe Authorware. Kali ini saya tidak banyak membahas bagaimana mengeditnya, mungkin lain kali 🙂

Saya hanya akan membahas bagaimana mengunduhnya dan bagaimana memanfaatkan dalam pengajaran di sekolah.

Suatu ketika saya mendapati banyak sekali file di web ini. Ketika saya klik file ternyata minta plug in di browser firefox saya, dan saya turuti agar bisa melihat apa yang disajikan web tersebut. Akhirnya saya install Authorware Web Player ini. Karena itu sangat menarik buat saya itu kemudian saya ingin download semua, ya semua file-file dengan ekstensi *.aam itu, walaupun serasa asing karena baru pertama kali menemuinya. Ok-lah itu bukan masalah 🙂

Ini tampilan salah satu file aam dari http://treefrog.fullerton.edu/chem/VE/valelect.htm

Barangkali ada yang kesulitan untuk mengunduh file-file “aneh” seperti itu, tak usah pikir panjang, caranya adalah seperti yang pernah saya tulis di sini :), buka browser firefox yang sudah terinstall Authoware web player, pastikan file seperti yang saya croop di atas terbuka dengan baik. Untuk membukanya kadang memerlukan beberapa saat waktu. Setelah terbuka, klik menu Tools pada firefox >> Page Info >> Klik Tab Media >> Save As.

Setelah terkumpul banyak file tersebut, terpikir bagaimana menyajikannya di depan kelas. So itu bukan hal sulit, pasti file-file itu akan dengan lancar terbuka di browser semacam firefox yang saya gunakan karena saya sudah install Authorware Web Player. Tetapi kalau ingin dibuat dalam tayangan (slide) Powerpoint tentu perlu langkah tambahan karena tidak langsung bisa disisipkan ke dalamnya. Yang jelas seperti kebiasaan file yang biasa terbuka di browser dapat disisipkan ke dalam Powerpoint melalui add ins LiveWeb seperti yang pernah saya tulis di sini. Pada tulisan tersebut ada pada bagian “Cara Menyisipkan File PDB… Perhatikan langkahnya khusus pada bagian LiveWeb. Yakin akan berhasil 🙂

Selamat mencoba!

Urip.wordpress.com