Menyisipkan File Animasi dengan Ekstensi *.dcr ke dalam Powerpoint

Menyisipkan sebuah animasi dengan format flash swf sekarang bukanlah hal sulit, karena kalau belum biasa bisa mencari caranya di internet. Namun ada animasi yang menggunakan format lain, misalnya berformat dcr, file animasi format dcr ini dibuat dengan menggunakan Adobe Macromedia Director dan biasanya bisa dibuka dengan menggunakan shockwave player yang merupakan tambahan dari browser. Karena saya sudah mendownload beberapa file animasi kimia dengan format dcr itu akhirnya terpikir untuk bisa bagaimana cara menyisipkannya dalam tayangan/presentasi. Setelah saya ubek-ubek di google dengan kata kunci menggunakan Bahasa Indonesia ternyata sulit didapat, namun dengan menggunakan Bahasa Inggris itu diperoleh seketika.

Ok berikut pengalaman saya yang akan saya jadikan tutorial, dan semoga tidak malah membingungkan pembaca yang juga ingin melakukan hal yang sama seperti yang sudah saya praktikkan.

Sedikit berbeda cara menyisipkan animasi yang berformat dcr ini. perlu perlakuan awal sedikit agar animasi dcr tersebut bisa ditayangkan di file presentasi semacam microsoft powerpoint. Dalam tutorial ini saya menggunakan Powerpoint 2010. Pastikan komputer yang kita gunakan sudah terinstall adobe shockwave palyer. Kalau belum terinstall silahkan unduh shockwave player dari sini.

Ada dua tahap untuk bisa “memuaskan keinginan” saya dalam upaya menyisipkan file animasi berformat dcr itu.

Tahap pertama

Memastikan bahwa dalam menu powerpoint sudah ada menu developer.  Jika belum ada lakukan langkah berikut:

Pada mode normal powerpoint, klik File >> Option >> Customize Ribbon  >> beri tanda centang pada bagian Developer dan klik Ok, sehingga pada menu akan ada tambahan menu Developer seperti gambar di atas.

Tahab kedua

Lakukan langkah berikut untuk menyisipkan animasi berformat dcr ke dalam Powerpoint.

Tarik pointer hingga berbentuk persegi panjang (atau proporsikan sesuai tampilan animasinya)

Klik kanan pada kotak tadi kemudian klik properties. Ketikkan secara manual letak file dcr yang mau disisipkan. Sebaiknya ada dalam satu folder file ppt yang kita buat.

Coba tekan F5 dan akan muncul file animasi interaktif (kalau file animasinya interaktif 🙂 )

Animasi yang saya sisipkan saya unduh dari preparatorychemistry.com/Bishop_Water_frames_files/water.htm pada beberapa tahun yang lalu, dan kini situs tersebut tidak aktif lagi 🙂 tapi kini saya reupload di sini.

Ah ternyata untuk memainkan slide untuk kedua kalinya gagal, animasi tidak bisa muncul lagi, jadi harus di tutup dulu file ppt-nya dan dibuka lagi baru bisa. Jika tetap tidak bisa muncul silahkan cek apakah shockwave player sudah terinstall atau belum, juga periksa pada settingan macro security, apakah sudah di enable, atau masih di-disable.

Alternatif lain agar bisa menyisipkan animasi dcr, dan menampilkannya di powerpoint adalah dengan menggunakan add in LiveWeb untuk Powerpoint. Add in tersebut dapat diunduh di dari tautan berikut ini.

Pengguna PowerPoint 97-2003: Klik di sini (zip) atau di sini (setup)

Pengguna PowerPoint 2007/2010 (32bit/64-bit) : Klik di sini (zip)

Untuk bagaimana cara menggunakannya silahkan baca tulisan saya sebelumnya di sini baca yang Cara menyisipkan file PDB ke dalam powerpint (Microsoft Powerpoint)

Oh ya berikut file percobaan seperti tutorial di atas dapat diunduh di sini. Silahkan ekstrak file rar tersebut, dan buka dengan Powerpoint, pastikan shockwave player sudah terinstall di komputer.

Selamat mencoba 🙂

Urip.wordpress.com

7 responses

  1. teriam aksih infonya mas urip

    salam
    Omjay

  2. Minta bantuan untuk mengundur file format .dcrnya bagaimana?

    1. buka web yang mengandung file dcr, dengan firefox, klik menu tools >> page info >> pindahkan tab dari general ke tab media, klik save as

  3. Reblogged this on Pagar Alam dot Com and commented:
    Tulisan yang berbobot…. sukses buat Pak Urip. Mohon ijin reblog

    1. Silahkan mas Ibnu fajar 🙂 Terima kasih telah mampir