Website Wajib untuk Guru Kimia

Sebagai guru kimia, seperti guru yang lain, saya tentu terbiasa menjelajah internet untuk mencari sumber-sumber pembelajaran yang bisa mendukung kegiatan pembelajaran kimia. Dari sekian banyaknya web terkait sumber belajar kimia, satu web yang semestinya menjadi referensi meyakinkan akan kebenaran informasi dengan peruntukkan untuk pembelajaran kimia adalah situsnya “masyarakat kimia”.

Selamat datang di www.rsc.org 🙂 RSC  (Royal Society Chemistry)

Misal dari alamat web yang saya potret seperti di atas itu terdapat tautan bisa diunduh dan  dapat digunakan untuk pembelajaran materi ikatan kimia. Sebuah folder terkompres yang berisi berbagai materi yang saling bertautan menjelaskan konsep ikatan kimia. Kita bisa mengaksesnya dari folder tersebut setelah diekstrak. Tinggal klik file presentasi yang sudah ditautkan ke berbagai sumber dalam folder tersebut untuk dapat langsung disajikan di kelas. Namun jika tidak mengingankan begitu kita bisa memanfaatkan perbagian file yang bisa dilihat dalam setiap folder.

Selain itu tentu kita bisa menjelajah lebih jauh untuk mengeksplor isi web. Dengan kesabaran kita akan mendapati banyak hal menarik yang merupakan hasil sharing dari masyarakat kimia seluruh dunia. Jadi dalam menggunakannya kita tidak perlu khawatir akan HAKI yang penting kita bisa mempertanggungjawabkannya :).

Pada bagian Resource kita bisa mencari sumber pembelajaran baik yang diperuntukkan bagi guru maupun siswa. Di bagian Wiki kita bisa menjelajah lebih jauh terkait banyak hal yang masih terkait dengan sumber belajar seperti screenshoot berikut.Pada bagian Community dibagi dua bagian yang pertama Talk Chemistry adalah wadah komunitas guru-guru kimia dan kedua ChemNet, wadah komunitas pelajar. kita bisa mendiskusikan banyak hal terkait pembelajaran yang kita lakukan. Meskipun berbahasa Inggris, kalau tidak bisa turut serta setidaknya kita bisa menyimak topik yang sedang diperbincangkan :).  Sama halnya wadah komunitas guru, bagi pelajar yang sedang mempelajari kimia juga bisa memanfaatkan sarana ini. Adanya forum akan menjadikan kita bisa membuka lebar mata untuk bisa menambah wawasan dalam pengajaran kimia.

Berikutnya bagian yang tidak kalah menariknya adalah bagai CPD, bukan capek-deh… yah 🙂 CPD adalah singkatan dari Continuing Professional Development. Seperti kepanjangan singkatan tersebut, di sini kita bisa menempa diri untuk bisa menjadi guru kimia yang profesioanal. Melalui berbagai pelatihan-pelatihan, yang ditawarkan dari web rsc.org ini kita bisa mengambil manfaat lebih, dengan fokus pada profesionalitas seorang guru kimia. Kita bisa bergabung dalam grup ini untuk mendapatkan “layanan khusus”.

Selain itu juga tersedia tautan untuk pendidikan tinggi yang ditautkan lebih jauh untuk pendalaman materi tentang ke-kimia-an.

Selamat menjelajah untuk mengambil manfaat lebih, berharap kita bisa jadi guru kimia yang profesional.

urip.wordpress.com

One response

  1. Terima kasih. Tulisan yang inspiratif. Mudah-mudahan bermanfaat. AMIN….