Ketemu Website Bagus, Download Saja Seisinya

Ketika sedang asyik menjelajah internet dan mendapati website yang bagus, ada satu hal yang selalu saya lakukan, yaitu mengunduh seluruh isi website tersebut. Mengapa ini saya lakukan?

Ada beberapa alasan. Kadang website yang bagus itu yang saat ini bebas kita akses, bisa jadi kelak menjadi tidak bebas diakses lagi, bahkan ada yang kemudian untuk mengakses kontennya harus bayar. Kadang juga oleh si pemilik website entah karena alasan apa web yang bagus itu dihapus, atau untuk mengaksesnya diperlukan password dan ujung-ujungnya dikomersialkan.

Dengan mengunduhnya maka untuk jaga-jaga ketika kita tidak sedang terhubung dengan internet nantinya kita bisa jelajah kembali dari dalam komputer sendiri. Kita bisa memanfaatkan aplikasi seperti google dekstop, sehingga kita bisa seolah-olah sedang on line :).

Bagaimana cara menguduh seluruh isi website, saya pernah menulisnya di sini. Dan kini saya bisa membuat kompilasi web-web yang pernah saya unduh itu. Sangat membantu ketika kita sedang tidak terhubung dengan internet, tinggal klik google dekstop kita bisa jelajah kembali web-web favorit kita.

Memang diperlukan koneksi yang lancar untuk bisa mengunduh isi web, dan tergantung besar kecilnya isi web itu juga. Yang terpenting dalam menggunakan aplikasi winhttrack itu adalah bagaimana menyeting limit-tasi link yang hendak kita unduh.

Beberapa tulisan terkait yang pernah saya tulis:

  • Apa saja keuntungan lain menggunakan website off line, baca di sini.
  • Tips memanfaatkan sumberbelajar on line, baca di sini.
  • Back up website untuk antisipasi, baca di sini.
  • Beberapa web kimia yang pernah saya download, baca di sini. (ini belum saya up date padahal jumlahnya sudah ratusan web kimia)
  • Panduan menggunakan httrack (aplikasi pendownload web), baca di sini.

Selamat mencoba.

urip.wordpress.com

6 responses

  1. terima kasih atas infonya, saya akan menggunakan aplikasi ini untuk mendownload postingan2 blog yang sangat bermanfaat
    sukses selalu..

    1. Iya saya dulu juga makai untuk ngamankan postingan yang gak berguna saya.

  2. Bagus pak infonya buat pembelajaran dan menambah wawasan saya tentang website.

  3. Menarik juga kontennya, satu bidang dengan blog saya tetapi disini lebih fokus ke pembelajaran.. Kalau saya lebih mengarah ke kreativitas.. Keren Banget dahh blogknya! Thanks! 😀