Mengajar Sains dan Matematika dengan Simulasi Interaktif PhET

Simulasi interaktif kimia gratis.

Anda guru sains (fisika, kimia, biologi), guru matematika, dan guru yang ada kaitannya dengan sains tetapi belum pernah menggunakan simulasi  interaktif dari PhET ini? Rugi banget! Kecuali sudah bisa membuat sendiri dan jauh lebih bagus 🙂 PhET ini sangat mengasyikkan, interaktif, simulasi fenomena fisis berbasis-riset dari Proyek PhET di University of Colorado. Ini adalah referensi wajib saya ketika mengajar kimia. Tidak harus selalu on line kalau menggunakannya. Bisa di unduh dahulu agar tidak perlu on line lagi dan bisa digunakan lagi nanti.

Karena saya mengajar kimia maka semua simulasi interaktif kimia saya sedot habis :). Beberapa simulasi interaktif ini sudah tersedia antar muka Bahasa Indonesia, jadi kita tinggal unduh dan memanfatkannya di kelas. Jika siswa Anda berlimpah bandwidth internet tinggal sarankan untuk menjelajahnya sendiri. Namun jika siswa tidak punya akses internet kita (guru) bisa mengunduh semua yang terkait dengan pembelajaran kita kemudian membagi ke pada siswa tersebut. Beberapa tugas pun bisa kita berikan kepada siswa dengan terbimbing untuk melakukan eksperimen secara virtual.

Screenshoot web PhET

Dengan kemampuan membuat media pembelajaran yang payah  seperti saya ini, kita semua bisa kok memanfaatkan yang sudah ada atau memodifikasinya untuk digunakan dalam proses belajar mengajar bersama siswa.

Mari manfaatkan internet untuk pembelajaran, banyak sumber pembelajaran yang bisa dioptimalkan untuk pembelajaran tanpa harus membuat sendiri, atau beli, cukup tersedia akses internet yang memadai saja. Kalaupun tidak juga di sekolah atau di rumah tidak tersedia akses internet kita masih punya senjata ampuh yaitu flash disk. Tinggal kopi kepada teman yang sudah punya saja 🙂

Agar tidak perlu online setiap ingin menggunakan animasi dari PhET maka silahkan unduh versi offline-nya dari tautan berikut:

Bagi yang belum pernah mengunjunginya, silahkan jelajah, silahkan unduh/download.

2 responses

  1. Reblogged this on Pendidikan: Benteng Terakhir Peradaban Manusia and commented:
    Para pendidik silahkan ikuti Pak Guru ini (http://wordpress.com/#!/read/blog/id/336553/). Sangat menarik Pembelajarannya

  2. […] Mengajar Sains dan Matematika dengan Simulasi Interaktif PhET […]