FIDO, Animasi-Simulasi Interaktif Kimia oleh John Pollard dari Arizona

Sebagai sumber acuan pembelajaran kimia siswa sma/ma saya mencoba menambah terus tautan link yang bermanfaat buat semua. Saya pun tidak lupa “menyedot” habis semua link yang tersedia di web itu agar suatu ketika saya bisa berbagi dengan sesama dan tidak perlu lagi online. Entah sudah berapa web yang sudah terunduh secara lengkap, yang jelas andai saya tidak bisa mengoptimalkan saya berharap rekan lain bisa memanfaatkannya sebaik-baiknya.

Kali ini saya menjumpai “FIDO” web yang menyediakan animasi-simulasi kimia interaktif.

Seperti pada screenshot di atas, animasi-simulasi kimia yang tersedia lumayan banyak, dengan tema utama dari atas ke bawah antara lain dunia mikroskopis, struktur atom, struktur molekul, gaya intermolekular, reaksi kimia, kinetika kimia, dan kesetimbangan kimia. Itu hanyalah tema umum, jika di klik masing-masing tab kita masih dapat sub menu lebih detail dan sangat bagus untuk digunakan untuk suplemen pembelajaran di kelas.

Kalau sudah demikian kita sebagai guru tinggal mengoptimalkan banyak pilihan media pembelajaran interaktif berbasis flash dan untuk siswa dengan menggunakan “instink” generasi digital yakin siswa akan dapat cepat adaptasi dengan media pembelajaran seperti ini.

FIDO ini merupakan karya Mr. Pollard didasarkan penelitian bersama timnya terkait dengan tema kemampuan visual-spasial yang dihubungkan dengan pencapaian belajar kimia, hubungan antara modalitas rotasi mental dan konsep pembelajaran kimia.

Kita beruntung mendapat bagian dari hasil kerjanya untuk bisa memanfaatkannya. Terima kasih Mr. John Pollard.

Oh yah browser yang kita gunakan mesti ada plugin untuk bisa menjalankan flash dan chime. Atau coba saja apakah animasi-simulasi itu bisa jalan atau tidak. Kalau tidak bisa jalan silahkan install plugin yang disaran. Saran akan muncul ketika kita membuka link terkait.

Link terkait dengan tulisan ini:

Urip.wordpress.com