Ikatan Hidrogen pada Air di Internet dengan JMol

Bahasan ikatan hidrogen pada pelajaran kimia sma tidak banyak tapi cukup menarik untuk dipaparkan secara visual. Untuk bisa memvisualkan ikatan hidrogen pada molekul-molekul air diperlukan kalkulasi (komputasi) kimia dengan tidak gampang dan asal-asalan. Perlu dilakukan pengaturan parameter agar kondisi dan hasil simulasi secara teoritis menjadi benar.

Di internet ada beberapa pemodelan ikatan hidrogen dalam bentuk video. Karena dalam bentuk video kita tidak memiliki kemampuan untuk mengontrol sepenuhnya tampilan yang ada. Beda kalau visualisasinya menggunakan Jmol yang ter-embedded pada halaman website. Banyak pertimbangan mengapa membuat video semacam itu, misalnya kemampuan memvisualkan (memodelkan) dengan menggunakan software khusus kimia yang kurang memadai atau pertimbangan lain, misalnya hanya sekedar untuk pengajaran kelas rendah dan itu dirasa sudah cukup.

Ikatan hidrogen pada youtube:

Ada juga paparan tentang ikatan hidrogen dalam bentuk file flash di sini.

Ikatan hidrogen dengan visualisasi menggunakan Jmol yang bisa dikontrol. Klik pada gambar untuk menuju web. Pastikan Jmol sudah terinstall pada komputer terlebih dahulu, jika belum, silahkan unduh Jmol dari sini.

Bagaimana membuat model seperti di atas dengan Jmol, tunggu tutorial berikutnya di blog ini 🙂

Tulisan terkait:

Selamat menjelajah

Urip.wordpress.com