Shortcut Penting pada ChemSketch

ChemSketch adalah aplikasi penampil struktur molekul yang bersifat freeware (gratis download, gratis pakai). Bagi guru kimia sepertinya ini adalah aplikasi wajib yang harus digunakan untuk mendukung pekerjaannya. Apalagi kalau guru kimia lebih sering menggunakan komputer dalam mengajar. Penggunaannya relatif mudah,  mudah kalau sudah terbiasa :).

Bayangkan saja kalau ingin menggambar struktur senyawa karbon dengan menggunakan aplikasi olah kata, ini justru akan sulit, lebih sulit dari menggambar menggunakan alat tulis konvensional :). Aplikasi olah kata memang bukan diperuntukkan menggambar struktur kimia, jadi fasilitas untuk itu jelas tidak tersedia.

Bagi kita yang sering akan menggunakan aplikasi ChemSketch ini sebaiknya membuat shortcut keyboard untuk membuka ChemSketch, atau membuat shorcut pada Taskbar (deretan bawah dari layar komputer kita) sehingga kapanpun kita bisa membukanya dengan sekali klik. Saya lebih suka memasangnya pada Taskbar.

Bagaimana dengan cara pintas dengan keyboard saat bekerja di layar ChemSketch? Berikut daftar shorcut yang penting, yang sering saya gunakan.

  1. Shortcut umum pada berbagai aplikasi bisa digunakan pada ChemSketch, seperti Ctrl+O, Ctrl+N, Ctrl+S, dan lain-lain yang ada pada sub menu File.
  2. Shortcut umum lain untuk pengeditan, seperti Ctrl+C (menyalin), Ctrl+V (menempelkan salinan atau potongan), Ctrl+X (memotong yg terseleksi), Ctrl+A (seleksi semua obyek), Del (menghapus yang terseleksi).
  3. Shortcut pada menu Tools: Alt+Shift+S (Melihat properti struktur), Ctrl+Alt+3 (melakukan optimizasi 3D dari struktur), Ctrl+Shift+Y (membentangkan struktur molekul)                                                  
  4. Shorcut khusus: tombol F5 (melihat semua template yang tersedia mulai dari template struktur molekul yang sudah jadi, dot Lewis hingga berbagai gambar perangkat lab). 
  5. Shortcut pada menu Acd/Labs yang sering diperlukan adalah Alt+A+1) untuk membuka 3D Viewer (melihat bentuk molekul secara 3 dimensi)
  6. Dan Alt+1 untuk kembali ke mode struktur 2D, Alt+2 untuk mengkopi struktur 2D ke mode strukutur 3D serta Alt+X untuk menutup aplikasi ChemSketch.

Demikian 🙂

Tulisan terkait dengan Chemsketch dalam blog ini:

Urip.wordpress.com