Tips Membuat Ikatan Rangkap O=C di ChemSketch

Menggambarkan rumus struktur pada ChemSketch bagi sebagian orang yang menggeluti ilmu kimia tak semudah menggambarkannya dengan alat tulis manual. Padahal teknologi komputer dibuat adalah untuk memudahkan kerja sehingga lebih efektif dan efisien, praktis. Ini adalah soal kebiasaan saja.

Seperti halnya menggambarkan ikatan rangkap (double bond), saya contohkan adalah membuat ikatan rangkap antara C=C pada etena atau etuna yang mempunyai ikatan rangkap tiga (triple bond). Setelah membuat ikatan tunggal, dengan klik sekali dan seret kemudian lepaskan jadilah struktur CH3-CH3, untuk membuatnya ikatan rangkap tinggal klik sekali pada ikatan antara C-C maka akan menjadi ikatan rangkap C=C, kalau dikehedanki ikatan rangkap tiga, klik sekali lagi pada ikatan rangkap tadi, jika mau mengubahnya menjadi ikatan tunggal klik lagi sekali pada ikatan rangkap tiga tadi. Mudah, tinggal klik-klik saja.

Klik pada ikatan agar menjadi ikatan rangkap

Klik pada ikatan agar menjadi rangkap tiga

Klik lagi pada ikatan untuk menjadikan ikatan tunggal

Sedikit berbeda ketika kita ingin membuat ikatan rangkap antara C=O. Saya contohkan dalam menggambarkan rumus struktur metanal (formaldehid) atau yang dikenal umum dengan formalin. Rumus molekulnya H2CO. Kalau menggambarkannya dari CH4 kemudian langsung menggantikan satu H dengan O, kemudian langsung kita ubah ikatan antara C-O menjadi ikatan rangkap jelas tidak akan berhasil, meskipun kita sudah berusaha menghapus atom H tetap tidak akan menyelesaikan masalah.

Secara langsung begitu ikatan rangkap antara C-O tidak bisa dibuat

Tips yang sudah berhasil adalah dengan menggambar H2C=CH2 terlebih dahulu. Ikatan rangkap antara C=C ini akan bisa diubah menjadi ikatan rangkap C=O. Tinggal klik atom O pada menu samping, kemudian klik C pada rumus yang sudah terbuat di layar kerja untuk menstubtitusikan C dengan O. Hasilnya langsung terbentuk H2C=O dengan benar.

Agar rumus strukturnya terbentang, klik menu Tools >> Add Explicit Hydrogens atau langsung menggunakan shortcut Ctrl+Shit+Y.

Untuk menampilkan bentuk 3D dari struktur 2D tadi buka 3D Viewer ChemSketch. Cara membuka 3D Viewer ChemSketch tekan tombol Alt+A+1. Tekan Alt+1 untuk ke ChemSketch 2D kemudian tekan Alt+2 untuk mengkopi struktur 2D menjadi struktur 3D. Agar strukturnya tidak asal muncul, lakukan 3D Optimization saat pada 3D Viewer caranya bisa menekan tombol keyboard Alt+T+D.

Untuk menampilkan struktur 3D berbagai model, klik saja toolbar wireframe, sticks, balls and sticks,spacefill, Dots Only, Disk, with Dots.

Demikian 🙂

Tulisan terkait dengan Chemsketch dalam blog ini:

Urip.wordpress.com

Iklan