Belajar Gratis di MIT OpenCourseWare

Mimpi kali kalau ingin kuliah di MIT (Massachusetts Institute of Technology) tanpa modal. Tapi kini kita semua bisa belajar dari sana dengan memanfaatkan situs ocw.mit.edu/courses. Dari hasil perkuliahan baik berupa video, atau panduan belajar, bahan belajar, atau pun semacam LKS tersedia cukup lengkap.  Dengan banyak jurusan (lihat screenshoot di bawah ini) kita bisa belajar sesuai dengan minat kita. Ada matematika dan sains, ilmu sosial, teknik, seni, bahasa, ekonomi, dan lain-lain.

Bagi siswa sma atau siapapun yang berminat serius untuk belajar di MIT situs ini sangat membantu untuk menyiapkan segala sesuatunya sehingga tidak kaget saat belajar di MIT sungguhan. Kalaupun hanya sekedar ingin mencoba dan mencari sumber belajar situs ini lebih dari cukup. Modal internet dan bisa memahami teks berbahasa Inggris siapapun bisa menyerap habis konten yang ditawarkan MIT.

MIT dengan nama besarnya memang luar biasa, dokumentasi proses pembelajaran para tenaga pengajarnya yang di-upload begitu saja dan bisa diakses siapapun yang ingin belajar. Di Indonesia kelak juga pasti akan ada yang meniru seperti itu, agar manusia Indonesia pada pintar tanpa halangan soal biaya, meskipun tanpa gelar.

Buat guru, rekan seprofesi saya ini adalah tempat luar biasa untuk banyak belajar, selalu belajar, meng-update pengetahuan, menyegarkan kembali otak dengan bahan belajar dari tempat terpercaya. Ada anggapan dan mungkin jadi fakta, kalau setelah lulus kuliah, maka 3-5 tahun kemudian ilmu yang kita pernah dapat akan menguap, dan kalau tidak terpakai sama sekali maka bisa jadi tanpa bekas. Semua harus diawali dari nol kembali. Oleh karena itu mari kembali belajar, menyibukkan diri mempelajari, mengenang, bernostalgia dengan bahan-bahan perkuliahan dulu melalui web ocw.mit.edu ini.

Sambil menunggu kebaikan ilmuwan Indonesia yang bersedia dengan sukarela untuk menterjamahkan bahan kuliah ke bahasa Indonesia kita bisa belajar sendiri dahulu perlahan. Bahasa memang menjadi kendala buat orang kebanyakan. Iri memang melihat dari negara lain sudah ada yang memberikan pengalihbahasaan. Bahkan Vietnam pun sudah nangkring di sana sudah ada bahan kuliah yang mereka terjemahkan. Pantas saja Vietnam kini bisa melejit dalam hal teknologi dan pendidikan.

Apapun yang terjadi mari awali dari diri sendiri. Rekan guru mari bersama belajar, belajar dari ocw.mit.edu pun jadi.

Wassalam

Urip.wordpress.com

One response

  1. Kang, link ke blog baruku ya. http://willyediyanto.wordpress.com.