Cara Menuliskan Persamaan/Rumus Matematika di Blog WordPress.com dengan Latex

Guru matematika, guru fisika, guru kimia, guru teknik yang ingin menulis di blog yang berbasis wordpress, jika ingin menuliskan persamaan matematika, atau rumus tertentu bisa memanfaatkan Latex. Dengan kode tertentu persamaan itu dengan manis akan tertampil di blog.

Belajar menggunakan Latex secara langsung tentu butuh waktu dan diperlukan kesabaran karena aslinya memang tidak bersifat WYSIWYG (What You See Is What You Get). Seperti zamanya aplikasi olah kata wordstar dahulu. sangat tidak praktis. Kini sudah ada microsoft word dengan equation editornya. Latex? Wow latex masih tetap bersikukuh. Tapi kita bisa saja memanfaatkan aplikasi berbasis latex yang bersifat WYSIWYG, apa yang kita tulis itu yang akan tertampil. Cukup banyak tersedia. Silahkan jelajah sendiri yah 🙂

Baik, kembali ke topik tulisan ini, bagaimana menuliskan persamaan atau rumus matematika, atau rumus lain yang bersifat matematis. Tentu tidak bisa asal salin dari aplikasi olah kata yang biasa menggunakan equation editor. Kita bisa menggunakan Latex, kita bisa menggunakan Latex yang WYSIWYG secara online. Seperti saya tuliskan tadi sebenarnya ada beberapa aplikasi berbasis latex yang bersifta offline alias standalone. Tapi dengan menggunakan Latex Online kita sudah diberikan kode html yang support kepada mesin blog yang kita gunakan.

Berikut tutorial menggunakan Latex Online yang kemudian disisipkan dalam teks editornya wordpress.

  1. Kunjungi web Latex Online berikut ini.
  2. Untuk mulai menulis persamaan gunakan toolbar dibagian atas untuk berbagai simbol itu. Kombinasikan semua yang diperlukan, tinggal klik dan lihat hasilnya dibagian bawah seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas.
  3. Klik panah spin xxxxx markup for this equation is: pilih wordpress.
  4. Salin kode latex untuk wordpress seperti petunjuk pada gambar tadi.

Contoh kode dan hasil penulisan rumus dengan Latex Online :

Kode yang disalin:
[*latex]2H_2 + O_2 \xrightarrow{n,m}2H_2O[/latex*] (tanpa tanda bintang *)
Hasilnya:
2H_2 + O_2 \xrightarrow{n,m}2H_2O

Kode yang disalin:
[*latex]\vec{F}=m \frac{d \vec{v}}{dt} + \vec{v}\frac{dm}{dt}[/latex*] tanpa tanda bintang *)
Hasilnya:
\vec{F}=m \frac{d \vec{v}}{dt} + \vec{v}\frac{dm}{dt}

Dengan wordpress teks editor memang tidak langsung tampak hasil persamaannya, tetapi akan muncul dengan benar pada saat di preview (pratampil).

Sayang sekali untuk mendapatkan tampilan sesuai keinginan seperti pewarnaan font dan lain-lain tidak diijinkan oleh wordpress.com dengan cara itu, tapi semua itu bisa diakali dengan trik seperti di bawah ini. Oh ya tanda [ latex ] dibagian awal dan akhir setiap persamaan bisa digantikan dengan tanda dolar “$” tanpa spasi “latex” dan diakhiri tanda dolar “$” seperti contoh-contoh penulisan yang ada di bawah.

Ingin mengubah ukuran font modifikasi sedikit format seperti berikut:

$”latex \ 2H_2 + O_2 \xrightarrow{n,m}2H_2O&s=3“$ (hapus tanpa petiknya)

Begini hasilnya:

\ 2H_2 + O_2 \xrightarrow{n,m}2H_2O

Untuk memberikan spasi dalam kata yang ditulis dengan latex gunakan tanda “\” di antara kata yang akan diberi spasi.

Kalau menghendaki rumus yang kita  buat disimpan dalam format gif terlebih dahulu juga tersedia menu untuk itu. Selanjutnya sisipkan rumus bentuk gif itu ke dalam tulisan. Keuntungannya adalah rumus yang kita buat tidak akan berubah 🙂

Demikian.

Urip.wordpress.com

13 responses

  1. siip pak Urip.
    sedang dipelajari. Syukron katsiron..

    1. Semakin tahu, kita semakin terasa sedikitnya yang kita tahu selama ini 🙂

  2. pak Urip, sy ada masalah lagi pak. Sepekan ini sy nggak bisa nulis artikel. Yg bisa ketulis hanya judul saja. Apanya yg slah ya pak? Trima kasih sebelumnya.

    1. Wah kok bisa gitu? Sudah pernah coba gunakan browser lain, selain firefox atau internet explorer? misalnya gunakan opera atau chrome?

    2. Belum pak, karena di netbook saya cuma ada yg dua itu.
      Judul saja yg bisa tertulis. Isi artikel nggak bisa. Apa netbook saya yg bermasalah ya pak?

    3. Coba diperiksa setinggan di pengaturan dashboard. sy tidak bisa bantu sebelum tahu apa yang pernah dilakukan atau diijinkan masuk (login). mungkin akan bisa bantu. kalau boleh tahu password blognya insya allah saya bisa bantu, nanti setelah itu bisa di ganti lagi passwordnya. kalau boleh silahkan kirim sms passwordnya, nanti saya bantu. kirim ke nomor 081392565564 gimana?

  3. Keren pak, salam kenal…

  4. Untuk menulis rumus matematika selalu berkaitan dengan LaTeX. Kunjungi http://www.mathzone.web.id/search/label/Latex untuk mengenal lebih dalam tentang LaTeX, mulai dari pengenalan dan aplikasi2 untuk menulis kode LaTeX

  5. Terima kasih banyak atas infonya, sangat berguna karena saya guru matematika

  6. $ latex \ 2H_2 + O_2 \xrightarrow{n,m}2H_2O&s=3 $

  7. terima kasih banyak yaa pak atas semua info nya 🙂

  8. Ini baru berita.tulisan yang sangat membantu saya dlm mengupload materi pembelajaran sy di blog…