Cara Praktis, Cara Cepat Mengetik tanpa Melakukan Kesalahan

Sedikit tips-trik yang pernah saya lakukan.

Siapapun yang sering menulis rumus-rumus kimia suatu zat sering harus memformat huruf-huruf, harus di-subscript, di-superscript, ditebalkan, dimiringkan dan seterusnya. Kadang harus menyisipkan rumus-rumus persamaan matematika atau berbagai rumus struktur senyawa tertentu. Ini sangat melelahkan. Siapapun akan menghindari pekerjaan yang melelahkan seperti itu, hanya karena terpaksa saja kita tetap melakukannya, mau bagaimana lagi 🙂

Oh ya cara yang saya sampaikan ini tidak terbatas untuk pengetikan rumus-rumus kimia loh, tapi bisa untuk pengetikan biasa. yah seperti saya menulis ini. Intinya adalah di penyandian kata yang akan kita tulis.

Misal saya ingin mengetikkan Cr2O72− kita harus memformat huruf (font) agar jadi subscript dan supercript. Capek kan?! Yah seperti rumus kimia ion dikromat itu, kalau saya ingin menuliskan di wordpress harus memformat dari mode html. Kalau yang biasa saya lakukan adalah dengan menyalinnya dari m.word yang sudah ada autocorrectnya. Cepat dan praktis! Belum lagi kalau saat bahasan senyawa karbon yang harus menuliskan rumus struktur dan lain-lain sungguh melelahkan kalau tidak diakali cara membuatnya. Terus saat bahasan radiokimia, kita harus menuliskan rumus isotop, yang kalau dilakukan maka harus insert equation dulu. Nah parahnya semua itu kita kan berulang-ulang, capek deh.

Biasa apapun yang kita lakukan secara cepat, terburu-buru pasti akan banyak melakukan kesalahan yang sebenarnya bisa kita minimalisir. Faktanya itu sering saja terjadi. Seperti halnya menuliskan rumus kimia, rumus fisika, rumus matematika, bahkan tulisan arab yang berulang-ulang dan harus memberi harokat atas-bawah dan sejenisnya, ini sangat-sangat menguras tenaga dan waktu.

Fasilitas yang ada di aplikasi olah kata, terutama jika saudara menggunakan microsoft word, mau yang versi berapapun (asal jangan versi kuno saja) bisa melakukan jalan pintas, cara cepat, cara instan dalam mengetikkan rumus-rumus yang saya sebutkan tadi. Silahkan manfaatkan autocorrect backup utility. Unduh saja dari sini.Tutorialnya saya pernah tulis di blog ini dengan judul Autocorrect Backup-Restore Microsoft Word 2007 dan 2010.

Beberapa rumus kimia zat dan lain-lainnya yang pernah saya buat sudah pernah saya backup dan bisa dicoba untuk digunakan, termasuk beberapa rumus-rumus struktur yang sering orang kimia pakai. Seperti menuliskan konfigurasi elektron, rumus strutur benzena, isotop, dan lain-lain. Yang perlu autocorrect buatan saya silahkan unduh dari sini. Jika ternyata belum ada cara pintas menuliskan sesuatu, yah silahkan membuat sendiri, tutorialnya juga ada di sini.

Sering juga kan kita ingin membuat kop surat dengan format dan tulisan serta lambang instansi kita? Nah yang begitu itu juga bisa dibuat autocorrectnya, kemudian disandikan dengan hanya 3 huruf “kop” misalnya, maka kop surat bisa kita taruh di bagian kepala surat.

Kalau urusan tanpa melakukan kesalahan dengan cara tadi ini benar adanya. Bagaimana bisa salah kalau autocorrect yang dibuat tidak salah, maka begitu diketik juga tidak bakal terjadi kesalahan.

Kalau belum ada yang berbagi, tentu kita harus membuat autocorrect sendiri di komputer yang kita pakai, setelah cukup bisa di-backup kemudian bisa diaplikasikan pada komputer lain, milik orang lain sekalipun :).

Selamat mencoba bagi yang ingin mencoba dan belum pernah menggunakan cara ini. Kalau ada yang kurang dimengerti silahkan tulis di kotak komentar.

Urip.wordpress.com

One response

  1. artikelnya mudah dipahami
    thanks for share…