Kumpulan Simulasi Kimia Lengkap

Belajar atau mengajar kimia sungguh menyenangkan jika tersedia banyak hal yang bisa menarik perhatian. Selain itu tentu saja yang menjadi tujuan utama adalah kimia lebih mudah dipahami. Seharusnya efek yang diberikan adalah postif terhadap pemahaman. Menjadi menarik, mudah dipahami, dan tentu saja kalau sudah begitu secara otomatis akan menyenangkan buat si pembelajar.

Adanya simulasi kimia yang tersedia secara gratis, meski secara online harus membayar biaya akses data dan itu bukan lagi jadi masalah bagi kebanyakan sekolah, bagi kebanyak guru, dan siswa. Yang membedakannya adalah sejauh mana usaha yang dilakukan, sehingga tak ada alasan lagi untuk tidak tersedia simulasi itu semacam itu.

Andai di sekolah tidak tersedia internet, dengan bantuan rekan lain yang berlimpah lebar pita internet untuk mengunduh berbagai simulasi itu. Selanjutnya tinggal bermodal flash disk semua bsa dibawa pulang untuk digunakan. Banyak cara bisa dilakukan untuk mengunduh file-file website (kalau perlu seisinya), hanya perlu ketelatenan saja. Di sinilah terasa bahwa memiliki koneksi dengan rekan sejawat itu perlu, perlu banget, berbagi jauh lebih mudah. Mengenai bagaimana mengunduh file-file yang embedded pada halaman web pernah saya tulis, mengenai bagaimana mendownload web seisinya juga beberapa kali saya tulis, silahkan menjelajah isi blog saya ini 🙂 Waduh ngelantur nih tulisan.

Baik, kembali ke pokok bahasan di tulisan ini, saya tidak hentinya dengan senang hati berbagi sekedar informasi mengenai keberadaan sumber belajar kimia, seperti tautan tentang berbagai simulasi kimia secara lengkap ini. Sejatinya tautan/pranala/link itu diperuntukkan bagi mahasiswa kimia tahun pertama, tetapi kalau digunakan untuk siswa sma yang belajar kimia, simulasi-simulasi tadi lebih dari cukup dan sangat relevan.

Pranala atau tautan yang saya maksud ada web mhcc.org, dan saya salin tautan itu pada halaman Simulasi Kimia di blog ini.

Mau tau lebih lengkap klik Simulasi Kimia.

Demikian, terima kasih

Wassalam, urip.wordpress.com.