Tips Menulis Rumus Kimia di Blog WordPress.com

Menulis rumus-rumus kimia, juga fisika, dan matematika di blog, kalau dilakukan secara langsung tentu akan sangat menguras tenaga. Kalau rumusnya sederhana seperti mengetikkan rumus kimia suatu senyawa mungkin tidak masalah, meskipun tetap terasa ribet karena di menu editor wordpress.com ini tidak tersedia tombol subscript dan supercript.

Pengalaman saya adalah dengan menulis di aplikasi olah kata (seperti m. word, writer) terlebih dahulu kemudian disalin ke editor wordpress.com. Jadi deh :). Dengan menggunakan aplikasi olah kata punya saya (sudah banyak saya buatkan autocorrectnya) tentu tinggal ketik datar tanpa format ini itu terlebih dahulu maka rumus senyawa langsung terfomrat dengan sendirinya, karena sudah saya buatkan autocorrectnya tadi.

Misalnya saya ingin menuliskan rumus kimia butana maka dengan cepat itu terketik dengan format yang benar secara kimia CH3–CH2–CH2–CH3 ini bukan lagi pekerjaan yang sulit, karena hasil pengetikan di m.word tadi singkron dengan editor text di wordpress.com.

Bagaimana kalau ingin menuliskan rumus-rumus perhitungan yang bersifat matematis? Kalau yang ini saya terbiasa menggunakan Latex yang sudah support untuk editor wordpress.com. Saya kira rumus-rumus yang kompleks seperti matematika pun dengan mudah dituliskan dengan latex. Diperlukan pengenalan sedikit saja kita sudah bisa memakainya.

Kalau bisa sambil online silahkan manfaatkan layanan Latex Online dari sini. Kita bisa membuat persamaan matematis seperti menggunakan equation editor, dan menyalinnya ke wordpress.com. Sangat mudah, semudah menggunakan microsoft word.

Tutorial penulisan rumus matematis menggunakan latex saya tulis setelah tulisan ini. Ini dia tutorial penulisan rumus matematis itu.

Wassalam.

Urip.wordpress.com

Iklan