Olex2, Software Kristalografi yang Gratis

Olex2 merupakan hasil proyek open source dan didukung secara luas oleh masyarakat kristalografi untuk memodelkan struktur molekul kecil. Jadi, tentu saja aplikasi ini memang diperuntukkan bagi siapapun yang ingin mempelajari tentang ilmu kristalografi molekul. Program ini dibuat dengan menggunakan C++ Code.  Olex2 ini didisain untuk analisis jaringan struktur yang diperluas. Saat saya menulis ini Olex2 sampai di versi 1.2, diciptakan oleh Oleg Dolomanov dan Horst Puschmann dari Durham University, Inggris. Untuk tampilan antarmuka (GUI) aplikasi Olex2 ini digarap bersama Luc Bourhis bersama dengan Richard Gildea. Aplikasi tersedia untuk sistem operasi windows, linux dan mac.

http://www.olex2.org/ adalah web penyedia dan pengembang aplikasi ilmu mengenai kristal ini.

Sekilas setelah menginstall di windows 7 64 bit saya yang awam dengan ilmu kristolografi sudah bisa sedikit memahami bagaimana aplikasi ini bisa bekerja dengan ringan, dibandingkan aplikasi kimia komputasi lain yang memang bukan dikhususkan untuk kristalografi. Sambil sedikit bernostalgia pernah belajar tentang kimia zat padat yang merupakan dasar untuk kristalografi molekul saya ingat bagaimana bahasan mengenai h,k,l dan seterusnya.

Strukutur molekul-molekul 3 dimensinya pun dengan mudah diputar dengan berbagai model tampilan seperti tampilan pada beberapa aplikasi kimia komputasi lainnya. Ada wireframe, balls and sticks, tubes, elipsoids, sparepacking, polyhedra, dan tampilan standar-nya.

Untuk anda yang ingin serius memanfaatkan aplikasi ini saya menyarankan untuk register di web tersebut, gratis. Dengan begitu kita bisa mendapatkan informasi terbaru termasuk tips dan trik memanfaatkan aplikasi yang superpower dalam kristalografi ini. Beberapa tips akan tersaji di tab documentation web oleg2.org.

Oh ya jenis file yang bisa dibuka dengan Olex2 ini antara lain *.cif, *.crs, *.fcf, *.fco, *.hkl, *.ins, *.mas, *.mol, *.mol2, *.oxm, *.p4p, *.pdb, *.res, *.xyz.

Mari 🙂

Urip.wordpress.com

Iklan