Pengenalan Model Zig-zag dalam Menggambar Struktur Rantai Karbon

Bahasan senyawa karbon di buku-buku kimia sma selama ini masih belum banyak mengenalkan metode penulisan rantai karbon model zig-zag. Setahu saya pada buku kimia kelas 10 terbitan depdiknas (buku sekolah elektronik) hanya 1 buku dari 7 buku yang mengenalkan penulisan model zig-zag pada rantai karbon. Hanya dua buku yang menuliskan rumus struktur senyawa hidro karbon menggunakan software khusus untuk penggambaran rumus struktur kimia. Selebihnya menuliskannya secara manual menggunakan aplikasi olah kata. Bisa dibayangkan betapa melelahkannya melakukan cara manual seperti itu.

Selama ini struktur rantai karbon dikenalkan guru kimia ke siswa digambarkan dengan penggambaran model lurus saja. Jika begitu maka kewajiban menuliskan atom C pada penggambaran senyawa karbon. Tentu saja awalnya ini cukup sederhana dan mudah dipahami, namun sangat tidak efisien dalam penulisannya serta ini “jauh” dari struktur rantai karbon yang sesungguhnya.

Bagaimana kalau harus membuat presentasi dengan menggunakan aplikasi presentasi semacam ms. powerpoint, betapa sulitnya itu. Sama halnya kalau dalam bentuk teks seperti pada penulisan dalam berkas olah kata. Jelas itu menjadi sulit dan tidak praktis. Untuk membuat satu struktur sederhana dari metana saja harus diperlukan usaha ekstra.

Apakah guru kimia sekarang belum kenala dengan aplikasi menggambar rumus kimia atau rumus struktur? Mengapa tidak menggunakan aplikasi kimia yang gratis ringan dan relatif lebih mudah. Dengan aplikasi semacam Chemsketch cukup buka aplikasi, dan 3 kali klik saja metana sudah bisa tergambar dengan sempurna. Bahkan dengan aplikasi semacam itu kita bisa menggambar struktur 3 dimensi dengan hanya 3 kali klik juga.

Coba kalau mau menggambarkan model seperti gambar berikut dengan menggunakan aplikasi olah kata, betapa sulitnya itu dilakukan 🙂

Penggunaan aplikasi gambar struktur kimia pun secara efektif dan efisien bisa membuat rantai karbon digambarkan dalam bentuk zig-zag itu hanya beberapa kali klik secara otomatis.

Oleh karena itu sudah waktunya kita (guru kimia dan juga calon guru kimia) menghemat energi untuk mengajarkan struktur rantai karbon kepada siswa secara efektif dan efisien. Yang diperlukan adalah memastikan bahwa siswa sudah tahu bahwa jika dalam penggambaran zig-zag ini setiap ujung rantai dan sudut rantai itu terdapat atom C. Kalau sebelumnya sudah dikenalkan tentang posisi atom C primer, atom C skunder, atom C tersier, dan atom C kwarterner maka gambaran model zig-zag rantai karbon akan sangat praktis.

Beberapa tulisan saya yang terkait dengan penggunaan ChemSketch boleh di lihat pada daftar berikut:

Mari mengajar dengan efektif dan efisien menggunakan aplikasi kimia yang tepat.

Wassalam

urip.wordpress.com

Iklan