Printer Laser Lebih Boros Dibanding Printer Tinta Biasa

iconarchive.com

Dulu sering kali membaca dan mendengar iklan dan tawaran ketika di pameran atau expo komputer bahwa secara kalkulatif printer laser itu lebih hemat. Soal kualitas jelas lebih bagus hasil print outnya. Ternyata tidak semua printer laser begitu. Belakangan banyak produk printer laser yang murah justru boros. Kalau soal kualitas cetakan ketika menggunakan barang baru jelas hasilnya buagus banget. Sarannya kita memang harus membeli lagi yang orisinil yang harganya selangit, yang pasti akan membuat kantong bolong 😦

Bahkan saya pernah menggunakan printer HP Laserjet P1102, yang kini kalau ingin membeli cartridge tonernya harganya hampir sama dengan beli printer baru. Gila, produsen gak kreatif banget, kalau sudah begitu mana akan laku itu barang. Orang yang sudah dikecewakan pasti akan berkoar, seperti saya sekarang ini.

Menurut teori dagang di referensi tertulis ketika baru dengan isi toner baru akan sanggup mencetak sebanyak sekian lembar itu pun ternyata tidak benar. Ujung-ujungnya konsumen dirugikan. Beruntung konsumen Indonesia orangnya baik hati dengan berdiam diri.

Kemudahan dalam mengisi ulang serbuk toner untuk printer laser juga merupakan masalah tersendiri, untuk refill tidak semua orang bisa lakukan, mesti direfillkan ke tukang refill. Kalau sudah begitu siapapun tidak akan membeli printer laser lagi. Masyarakat Indonesia memiliki stereotip yang memilih barang yang ekonomis, berkualitas, tidak banyak masalah, harga terjangkau. Barang jenis “rewel” biasanya akan dihindari. Tentu saja kalau ada orang yang mau berbagi cerita.

Dulu di jaman keemasan printer canon bjc2100 dengan model tinta, masalah relatif mudah, hanya pada masalah reset head cartridge saja. Produk murah canon belakangan ternyata lebih sering bermasalah meskipun masih tetap user firendly. Tinggal beli tinta isi ulang tak perduli asli atau tidak semua masih bisa jalan. Sementara Epson masalahnya tidak jauh beda dan sudah banyak yang mau berbagi.

Sekarang saya mengandalkan printer Epson L100 yang user firiendly. Tapi secara kalkulasi matematis kini saya diuntungkan menggunakan printer Epson L100 atau L200-nya. Sangat bagus, sedikit masalah, bahkan digunakan kerja di warnet printer ini tergolong bandel, tidak pernah rewel. Saya sendiri belum pernah menghitung 1 botol yang berisi 120 mL itu sanggup mencetak berapa lembar dengan kualitas standar, tapi yang jelas lebih hemat dibanding menggunakan printer laser dengan harga sekelas dengan Epson L100 saya punya.

Kini printer laser HP saya, saya istirahatkan dengan penuh masalah dan sangat boros dan cukup ribet untuk mengisi ulang serbuk tonernya. Kalupun berhasil isi ulang serbuk toner baik dilakukan sendiri atau dikerjakan tukang refill hasil cetaknya dangat tidak memuaskan. Mau beli cartridge baru harga 600-an, printer barunya harga 800-an. Masih mau beli printer HP Laserjet P1102 juga?

Saran saya bagi mahasiswa dan bisnis warnet dan juga di kantoran berpikirlah dua-tiga kali kau mau beli printer laser apapun tipenya.

Wassalam

Urip.wordpress.com

Iklan

20 responses

  1. trimakasih infonya gan.. sangat membantu.. saya hampir saja mau beli printer hp laserjet p1102.. tapi gak jadi setelah baca tulisan agan 🙂

  2. Mnurut saya gak semua yg ditulis agan itu benar. Tergantng pemakaian juga gan saya sudah 3 tahun pakai hp laser jet 1102 lancar awet baru sekali ganti cartridge kompatible harga Rp. 277.000,- emng klo beli cartridge yg ori sih 600 rebuan. pake yg gk orisinil juga bisa kok. klo di bandung sih saya tau supplier cartridge bukan orisinil hampir semua tipe printer laser lho ada. klo daerah lain saya kurang tau gan

    1. Mas Gading, mohon infonya atuh supplier cartridge HP Laserjet 1102 itu. Saya sudah terlanjur dibeliin itu, dan tintanya sudah habis..

    2. gan mohon info cartridge compatible nya dimana?

    3. boleh saya minta alamatnya, sms ke no 081220014721,
      diantos hatur nuhun

  3. Sy bekerja sbg pemberi jasa refill toner panggil di kota sy. Dgn harga mulai dr 100rb an. Rata2 kantoran pakai HP laserjet. Alhamdulillaah tdk ada masalah. Bahkan beberapa kantor memperpanjang kerjasamanya dgn sy utk refill toner utk tahun berikutnya 🙂

    1. Mas, tinta printer saya kok cepat habis ya Mas? Saya pernah beli tinta dan memang saya print berpuluh-puluh lembar ditambah dengan photocopy, itu pun gak nyampe 80 lembar. Itu kenapa ya Mas? Atau memang ada yang bermasalah? Saya masih kurang paham Mas

  4. Jadi, kesimpulannya… printer hp laserjet itu sangat bagus, bahkan hasil cetak utk refill dr sy sangat tajam, cetak lebih banyak krn isi full cartridge 🙂

  5. Jadi, kesimpulannya… printer hp laserjet itu sangat bagus, bahkan hasil cetak utk refill dr sy sangat tajam, cetak lebih banyak krn isi full cartridge :). Trims

  6. ada yang tahu printer laser jet yang tonernya murah?

  7. mas urip nih yang kurang kreatif… mesti pake original melulu.. ya pasti mahal..
    padahal kalau pake tinta compatible plus belajar refill sendiri lewat video di youtube…
    murah banget….. dan awet lagi…

  8. mantap nih printernya, hp laserjet memang murah digunakan

  9. mungkin tergantung perawatannya, hampir 2 th aku make laser hp 1102 n ga ada masalah apa2, sangat irit, tiap bulan rata-rata tak pake buat ngepriny 1 rim. dari pertama beli udah tak isi ulang sendiri, harga tonernya 1 Kg 100rb, udah tak pake puluhan kali isi ulang n sampe skarang blm habis. awalnya emang takut salah, tp klo ga brani nyoba kapan bisanya…. ya nggak. n skarang isi ulang cma btuh waktu 15 menit, ga terlalu lama to…:), yang jelas awet nggaknya tergantung prawatan n pemakaian kita.

    jangan lupa mampir ke sini ya…
    http://www.anekakoleksiku.blogspot.com

  10. saya setuju dgn agan2,bahwa printer laser lebih irit di banding printer tinta.kalau printer laser lebih enak merawat nya.tp kalau tinta mcm2 masalah nya.bdwy karna sy tukang refil printer.

  11. biaya cetak printer laser lebih murah dibanding printer inkjet,.. bahkan saya punya statistik hasil cetak.
    jika dihitung dammn dibandingkan, pribter P1102 dengan IP2770 (black only) biaya cetaknya terpaut 15-20 rupiah tiap cetak murah laser. jika dibanding L110, terpaut 30-35rupiah murah laserjet.
    itu sudah dihitung biaya refill, ganti sparepart, dsb.
    jadi, sekarang, jangan takut/khawatir pakai laser, karena lebih banyak untungnya dibanding kekurangannya.

    1. untuk komsumsi listrik dah dihitung mas

  12. Maaf nih gan saya mau nanya soalnya saya gk tau sama sekali tentang printer tapi sekarang saya mau beli printer laser.
    Yang jadi pertanyaanya bagus mana printer merk HP sama CANON?
    trimakasih

  13. knp gk diinpus saja printer laserjet nya

  14. Mas, ada gak printer laserjet terbaru yang tonernya sama dengan Canon LBP 2900

  15. printer laser lebih bersih dari pada printer refill dalam hal pengisian ulang 🙂