Tips Mencari dan Menjelajah Animasi Pembelajaran pada Web Highered.Mcgraw-hill.com

http://highered.mcgraw-hill.com ini adalah situs penerbitan buku. Kalau klik secara langsung situs ini tidak akan terbuka, oleh karena itu diperlukan cara khusus. Seperti yang kita ketahui bahwa buku-buku yang diterbitkan oleh McGraw-Hill biasanya diberi pelengkap media interaktif yang dari situs tersebut bisa diunduh secara gratis. Buku apa saja ada, termasuk media pendukungnya yang seperti saya sebut tadi. Namun untuk bisa mengaksesnya tentu bukan perkara gampang bagi orang awam dalam aktivitas berselancar di internet. Berikut tips dari saya.

Cara ini saya dapatkan secara kebetulan tanpa tahu referensi bukunya. Tapi dengan modal coba-coba dengan sedikit tips yang sudah umum akhirnya saya bisa pelajari lebih lanjut, maklum saya juga termasuk orang awam dalam dunia web. Saya pikir orang awam seperti saya jumlahnya lebih banyak dan tentu saja mereka akan senang jika dapat tips walau tak seberapa.

Ok saya ceritakan dari awal. Semula saya mencari file flash (swf) untuk pokok bahasan kimia radioaktif. Masuk ke google seperti screenshoot berikut:

Kemudian saya klik saja (pada link warna ungu itu).

Perhatikan alamat pada address bar browser. Hapus bagian yang saya blok warna kuning itu, kemudian salin (kopi) ke kotak pecarian google kemudian tabahkan kata kunci “site:http://highered.mcgraw-hill.com/sites/dl/free/0073048763 filetype:swf“seperti gambar berikut:

Selanjutnya akan terpampang semua file yang saya cari (saya sedang mencari file animasi kimia) pada web highered.mcgraw-hill.com.

Silahkan buka file-file yang dimaksud dan simpan.

Untuk mencari agar lebih spesifik lagi sesuai bidang (minat) yang kita cari, silahkan modifikasi sedikit dengan memotong lagi bagian hierarki link tersebut misalnya kita akan mencari tentang animasi fisika, maka ketikkan di kotak search google (kalau makai google) kata “filetype:swf site:http://highered.mcgraw-hill.com/sites/dl/free/ physics”. Silahkan ganti kata physics itu dengan apa saja seuai dengan apa yang hendak kita cari, tapi gunakan Bahasa Inggris yah! 🙂 Kalau menghendaki tipe file yang lain silahkan tulis extension filenya, misal mau cari file presentasi gantikan swf dengan ppt, begitu dan seterusnya, itu pun kalau situs tersebut menyediakan 🙂

Intinya adalah mencari situs yang menyediakan apa yang kita cari lalu kalau sudah dapat dan ingin mendapatkan yang lain dari situs tesebut, potong setahap demi setahap (memotongnya setahap berarti sampai satu batas tanda “/” itu) kemudaian salin dan tambahkan kata “site:” dibagian awalnya seperti contoh yang saya warnai biru itu.

Tips lain untuk menjelajah mendapat lebih banyak silahkan baca tulisan yang pernah saya buat. Ini adalah solusi kalau menggunakan tips yang pernah saya tulis di sini tapi kita tidak mendapat hak akses-nya.

Demikian tips dari saya untuk mencari sesuatu dari situs tertentu namun sulit terlacak secara spesifik dari mesin pencari. Jika ada yang kurang dimengerti dengan senang hati saya kan bantu, tinggalkan komentar untuk intaraksi dengan saya 🙂

Wassalam,

Urip.wordpress.com