Visual Zat dalam Persamaan Reaksi Kimia

Wujud KMnO4 Padat

Tidak bisa dipungkiri, kekurangan fasilitas laboratorium adalah hal lazim di Indonesia. Sekolah yang memiliki sarana laboratorium lengkap prosentasenya sangat kecil. Ini memang merupakan proyek yang sering “basah” karena paling mudah dimanipulasi. Akibatnya kalaupun proyek pengadaan bahan, alat dan lain-lainya sering tidak sesuai dengan keperluan sekolah. Yang sering terjadi “minta – tidak diberi”, “tidak minta karena memang tidak membutuhkan, malah diberi”. Sepertinya ini sudah jadi tradisi pemerintah dalam pengadaan alat dan bahan serta barang lain yang asal-asalan.

Pada pelajaran kimia jika hendak melakukan praktikum namun tidak memiliki lab, kebanyakan “pihak pasti menyarankan pakai saja apa yang ada di sekitar kita”, kalau ditanya balik “punya gak referensi untuk mencari pengganti  bahan ini atau itu”, yang kasih saran tidak bisa jawab juga. Memang mudah mengatakan tapi sulit melakukan. Andai ada referensi mungkin segalanya jadi mudah. Untuk hal sederhana memang bisa diakali apalagi kalau sekedar kualitatif itu tidak terlalu sulit.

Ok saya tidak bahas soal itu, saya ingin menulis tentang hal kecil, ketika guru mengajak siswa misalnya memberi nama senyawa dengan lambang unsur-unsur itu, terpikirkah kita guru mengenalkan bentuk fisik zat yang kita akan beri nama itu? Atau jangan-jangan kita sendiri belum pernah melihat zat itu. Akibatnya pelajaran kimia jauh dari “kimia” itu sendiri. Saya pikir dengan internet ada, kita bisa kok memvisualkan berbagai zat kimia, tidak repot harus membeli, dari pada siswa hanya diminta melihat rumus kimianya saja kan kimia jadi khayalan belaka.

Padahal dengan visualisasi benda baik berupa gambar statis atau bergerak akan memberikan kesan yang kuat di otak siswa-siswa kita. Kita sebenarnya bisa koleksi video atau gambar tentang berbagai zat kimia (senyawa kimia) yang paling sering dijadikan contoh dalam setiap bab pelajaran. Misalnya HCl, H2SO4, NH3, CH3COOH, KMnO4, SO2, dan sebagainya itu, banyak kok dan bisa dimunculkan ketika misalnya di kelas 10 tentang pemberian tata nama senyawa kimia, selain belajar memberi nama dengan aturan tertentu, munculkan tampang zat yang akan diberi nama itu.  Demikian pula pada saat pokok bahasan redoks, munculkan saja KMnO4 itu bentuknya bagaimana sih, Cr2O3 itu bagaimana, dan seterusnya.

Saya sudah beberapa kali dan berusaha untuk menampilkan makhluk zat itu baik berupa visual bergerak atau visual diam. Siswa sedikit lebih tertarik meskipun tidak pernah menyentuhnya. Manfaatkan google gambar, atau dari youtube untuk video demonstrasi kimianya. Ada lagi coba cari hal yang saya sarankan itu di chemistry.about.com. Banyak sekali di sana juga.

Selamat mencoba kreatif dengan teknologi informasi untuk pembelajaran di kelas. Atau bisa juga menugasi siswa untuk mencari sendiri baik gambar atau video kemudian file-filenya dikumpulkan untuk koleksi dan dibagi oleh guru kimianya.

Bagaimana?

Urip.wordpress.com

Iklan

One response

  1. software buat mengetahui rumus kimia sebuah benda ada gak???
    mampir ya http://tafshare.blogspot.com/