Metode Aljabar dalam Penentuan Orde Reaksi Dua Zat dengan Data Konsentrasi Berbeda-beda pada Laju Reaksi

Berikut ini adalah pembahasan soal mengenai orde reaksi untuk persamaan laju reaksi dan reaksi antara dua zat yang berbeda-beda konsentrasi pada data percobaan. Pembahasan dengan menggunakan aturan logaritma natural (ln) sudah saya tulis pada tulisan di sini. Untuk metode trial and error and true juga sudah saya tulis di sini. Sebagai pembanding berikut ini cara yang lebih simpel, lebih sederhana dan cukup bisa dipertanggungjawabkan 🙂 . Penentuan orde reaksi dua zat dengan data konsentrasi yang berbeda-beda pada laju reaksi dengan menggunakan persamaan linier atau metode/cara aljabar.

Ok kembali pada data hasil percobaan terhadap penentuan orde rekasi seperti pada buku kimia kelas 11 BSE penulisnya Nenden Fauziah halaman 73 soal nomor 5? Tabel saya salin dan sedikit saya modifikasi berikut ini. Bagaimana menentukan orde reaksinya, agar lebih mudah, dan tidak hanya sekedar coba-coba, tapi juga tidak menggunakan angka yang rumit.

Berikut ini pembahasannya:

Dengan demikian hasil penentuan orde reaksi dengan metode atau cara aljabar atau persamaan linier ini sama dengan penentuan orde reaksi dengan menggunakan cara logaritma dan cara trial and error and true.

Wassalam

Urip Kalteng

Iklan