Metode Trial-Error dalam Penentuan Orde Reaksi Dua Zat dengan Data Konsentrasi Berbeda-beda pada Laju Reaksi

Berikut ini adalah pembahasan soal mengenai orde reaksi untuk persamaan laju reaksi dan reaksi antara dua zat yang berbeda-beda konsentrasi pada data percobaan. Pembahasan dengan menggunakan aturan logaritma natural (ln) sudah saya tulis pada tulisan di sini. Sebagai pembanding tentu satu cara itu sepertinya lebih tidak disukai karena perlu perhitungan yang teliti. Tetapi cara itu akan sangat membantu ketika cara-cara berikut tidak dapat memberikan jawaban yang memuaskan :). Jadi cara penentuan orde reaksi menggunakan metode hitung logaritma jangan tidak dipelajari yah.

Memanfaatkan jurus ketika kepepet (terjepit), mungkin karena otak sedang jenuh tidak mau diajak berpikir serius, cobalah menggunakan metode coba-coba (trial and error, trial and error and…. true!) 🙂 Tentu saja jika kita beruntung.

Ok kembali pada data hasil percobaan terhadap penentuan orde rekasi seperti pada buku kimia kelas 11 BSE penulisnya Nenden Fauziah halaman 73 soal nomor 5? Tabel saya salin dan sedikit saya modifikasi berikut ini. Bagaimana menentukan orde reaksinya, kan biasanya data percobaan itu dibuat dengan sengaja dengan konsentrasi ada yang sama pada zat A (misalnya) sementara konsentrasi zat yang lain (misalnya di sini zat B) divariasikan. Demikian sebaliknya.

Faktanya soal di pelajaran kimia sering dibuat-buat agar kita bisa berfikir dan menggunakan logika serta kemampuan matematis yang kita punyai. Meskipun kalau kita diminta melakukan praktikum tentu kita akan memilih cara yang sederhana seperti tadi.

Pada tulisan ini hanya saya bahas cara trial and error. Pada tulisan berikutnya saya bahas penentuan orde reaksi dengan metode aljabar.

Berikut ini pembahasannya:

Demikian,

Wassalam

Urip Kalteng

One response

  1. Terimakasih banyak, ketiga caranya mencerahkan sekali & sangat membantu saya !!!