Simulasi Sederhana untuk Kesetimbangan Kimia

Membuat simulasi tidak melulu harus mengunakan animasi atau berbasis TI, bisa juga dilakukan dengan menggunakan perangkat seadanya, yang pasti tersedia di sekitar kita. Hanya perlu penekanan bahwa simulasi yang dilakukan hanyalah peng-analogi-an terhadap konsep kesetimbangan kimia saja. Itu bukan kenyataan, tetapi dari analogi sebuah simulasi seperti itu diharapkan siswa bisa memahaminya.

Kesetimbangan yang terjadi secara kimia (mikroskopis) per partikel jelas tidak mungkin dihitung konsentrasi zatnya sekian-sekian. Ada memang contoh-contoh yang menunjukkan perubahan-perubahan yang bisa menunjukkan tercapainya kesetimbangan misalnya dengan terjadinya perubahan warna. Seberapa besar siswa bisa mempercayainya akan hal itu? Ini semua perlu sebuah keyakinan, perlu meyakinkan dengan perubahan warna dari warna tertentu ke warna tertentu lainnya dan kembali lagi ke warna semula begitu terus.

Dengan analogi, logika, dan simulasi jelas bisa dengan mudah diterima akal siswa dengan meyakinkan. Inilah kimia, perlu pengenalan berbagai sifat fisika, namun secara mikro tetap bisa diterima, karena itu akan kasad secara logika.

Lihatlah video berikut ini:

dan yang ini:

atau yang ini:

atau yang ini lagi:

Kestimbangan dinamis, tidak pernah berhenti, terjadi terus menerus selama kondisinya memungkinkan. Seperti keberadaan air di alam ini pergerakannya serta keberadaannya. Mari simak pembahasan kesetimbangan kimia lebih lanjut 🙂

Demikian,

Urip Kalteng