Guru, ISJD, Jembatan Dunia Riset dan Aplikasi

Banyak hasil penelitian para pelaku pendidikan di perguruan tinggi “terbengkalai” begitu saja karena sulitnya akses hasil penelitian itu. Banyak sekali hasil penelitian terhadap proses pendidikan, hasil pendidikan, kebijakan pendidikan yang memenuhi rak perpustakaan perguruan tinggi di antara lorong-lorong senyap itu. Berapa banyak guru bisa memanfaatkan itu sebagai praktisi yang sering jadi obyek penelitian para dosen? Apalagi kalau hasil penelitian hanya sekadar untuk “memenuhi nafsu” untuk mengejar angka kredit jabatan fungsional dosen saja. Semua itu akan sangat sia-sia untuk pengembangan keilmuan dan pemanfaatan laporan hasil penelitian untuk diaplikasikan di lapangan.

Jika guru jarang melakukan penelitian itu wajar, namun bagi dosen meneliti adalah pekerjaan utama selain mengajar. Meskipun belakangan tekanan agar guru meneliti semakin kuat, misalnya akan (tahun 2013) diberlakukannya kewajiban guru mulai yang bergolongan III-B ke III-C melakukan penelitian untuk memenuhi angka kredit jabatannya. Pencarian referensi yang terpercaya bagi guru untuk mempersiapkan diri sebagai seorang pelaku pendidikan dan peneliti pendidikan menjadi pekerjaan wajib sekarang dan nanti.

Salah satu alternatif sumber referensi yang secara normatif bisa dipercaya adalah dari jurnal yang diakui, yang menginduk pada Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Gerbangnya adalah Database Jurnal Ilmiah Indonesia (ISJD = Indonesian Scientific Journal Database). Konon semua hasil penelitian terdaftar (baca tersedia) di sana. ISJD bagi kebanyakan guru adalah kata asing, jarang sekali didengar apalagi dibuka, dijelajah, dan dimanfaatkan. Saya pun baru tahu 🙂 Okelah, sekarang sudah tahu.

Sebegitu banyaknya hasil riset, yang secara fisik menjadi pemenuh rak perpustakaan saja, tanpa ada upaya untuk publikasi luas. Dengan adanya ISJD, ini adalah peluang untuk membuka wawasan guru yang selama ini hanya bertugas mengajar saja. Itupun kalau guru tahu keberadaan ISJD. Tidak mungkin seorang guru seperti saya yang tinggal jauh dari perguruan tinggi untuk mengakses jurnal ilmiah.

Bagi yang belum tahu, atau baru tahu (sekali lagi seperti saya ini), mari manfaatkan laporan hasil penelitian para tenaga pengajar di perguruan tinggi yang relevan dengan bidang tugas kita. Silahkan kunjungi situs resmi ISJD LIPI. Meskipun dari situs itu saya kurang familiar bagaimana menemukan apa yang saya cari, tapi saya tidak habis akal. Kalau saya boleh nilai situs ISJD ini kurang user friendly untuk pencarian tentang hal yang saya perlukan. Saya telah mencoba beberapa kali dengan menggunakan kata kunci tertentu ternyata record tidak tersedia.

Tidak habis akal, silahkan memanfaatkan jasa google untuk pencarian. Untuk membaca deskripsinya memang harus bolak-balik, google-ISJD-google-download. Berikut kemudahan yang biasa saya gunakan untuk mencari sesuatu via google. Misalnya saya akan mencari hasil penelitian tentang pendidikan kimia di sma dari situs ISJD LIPI itu, maka saya lakukan di google seperti screenshoot di bawah ini.

Karena saya hanya akan mencari jurnal dengan format pdf pada web tersebut dengan kata kunci kimia sma maka saya ketik site:http://isjd.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/ filetype:pdf kimia sma, agar lebih spesfik dan efektif. Jika saudara berbeda bidang tugas dengan saya silah gunakan kata kunci yang sesuai.

Kalau sudah yakin dengan hasil pencarian itu saya langsung download (tanpa baca) terlebih dahulu. Biasa saya memanfaatkan IDM (internet download manajer) atau DownThemAll dari Firefox. Setelah terunduh saya siap baca dan seleksi mana yang benar-benar relevan untuk diamankan 🙂

Bersyukur kini saya sudah bisa mendapatkan yang selama ini saya cari, hasil penelitian pendidikan kimia di Indonesia. Manfaatkan internet – google – ISJD LIPI – aplikasi pengunduh dan pembaca.

Terima kasih untuk guru dan rekan saya yang menunjukkan secara tidak langsung tentang keberadaan ISJD.

Wassalam,

Urip Kalteng

2 responses

  1. Berbagi terus pak…Sebarkan semangat untuk guru-guru se Indonesia,

  2. Hasil-hasil penelitian pendidikan mulai dari skripsi hingga disertasi UPI , bisa diunduh melalui link : http://repository.upi.edu/disertasilist.php ; http://repository.upi.edu/skripsilist.php ; http://repository.upi.edu/tesislist.php