Cara Membuat Tanda Panah untuk Kesetimbangan Kimia di Blog

Menuliskan tanda panah untuk reaksi kesetimbangan kimia adalah pekerjaan yang mudah ketika kita mengetik di aplikasi olah kata, tinggal insert simbol dan pilih panah rigth-left-harpoons sudah jadi (tentu saja kalau font yang ada dalam komputer kita menyediakan simbol itu).  Beda kalau kita ingin memindahkannya dalam tulisan di blog seperti di wordpress ini. Kalau kita langsung kopi atau salin langsung dari aplikasi olah kata jelas tidak akan bisa. Oleh karena itu ada beberapa alternatif yang bisa digunakan untuk membuat tanda panah kanan kiri untuk panah kesetimbangan kimia.

  1. Menggunakan gambar, kita print screen (atau capture) apa yang kita buat (misalnya persamaan reaksi kesetimbangan kimia itu), kemudian kita upload gambar hasil print screen atau capture itu selanjutnya tinggal menyisipkan ke dalam postingan blog. Ini adalah cara termudah yang bisa dilakukan blogger pemula 🙂 Seperti contoh ini:
  2. Menggunakan simbol yang sebelumnya sudah pernah kita upload seperti ini “” atau kita gunakan gambar milik orang lain kemudian membuat tautan ke dalam tulisan kita. Saran saya sebaiknya kita gunakan hasil upload-an milik kita sendiri sehingga tidak ada resiko hilang, karena itu dalam kontrol kita sepenuhnya. Untuk menyisipkan dalam tulisan di wordpress.com kita mesti mengetahui tautan/link lokasi gambar tersebut disimpan, saya contohkan tanda panah yang saya buat itu saya simpan di https://urip.files.wordpress.com/2012/11/rightleftarpoons-kecil-by-urip.jpg. Selanjutnya klik tombol unggah/sisipkan media yang ada pada editor untuk menulis di wordpress.com di bagian kiri atas, selanjutnya klik tab Dari URL dan tempel link tempat tanda panah yang akan kita sisipkan tadi seperti gambar berikut: dan silakan klik tombol Sisipkan ke dalam Tulisan.
  3. Menggunakan Latex. Seperti yang beberapa kali saya gunakan dalam blog ini. Ketik seperti di bawah ini atau dan ini hasilnya \rightleftharpoons ini hanya berlaku di wordpress.com, sementara untuk yang lain bisa menggunakan kode html seperti pada latex online ini. Oh yah memang untuk latex di wordpress.com memang tidak bisa wysiwyg alias tidak bisa langsung terlihat, tetapi kalau di preview maka dia akan berubah jadi tanda panah bolak-balik asal nulisnya benar. Lebih lanjut untuk mempelajari latex secara instan silahkan mengunjungi latex online ini. Saya pernah menuliskan petunjuk penggunaan latex online itu di Cara Menuliskan Persamaan/Rumus Matematika di Blog WordPress.com dengan Latex.

Demikian, semoga hal kecil ini bisa memecahkan kesulitan pengetikan tanda panah untuk kesetimbangan reaksi kimia dan juga simbol atau tanda lain yang biasa kita perlukan.

Yang perlu font (huruf) dan simbol khusus dipakai di kimia silahkan unduh file ini atau yang ini 1Lanz Chemistry Font.

Wassalam,

Urip Kalteng

Iklan

3 responses

  1. terima kasih atas infonya pak.
    kalo hanya satu anak panah ke arah produk bagaimana?

    salam.

  2. Wah, iya ya html cuma menyediakan right left arrow ↔, tapi gak menyediakan right left harpoon. Latex emang solusinya, tapi selain yang pakai wordpress agak sulit, kecuali forum phpBB atau vbullletin lebih mudah menambahkan latex.

  3. kalo di linux ubuntu tau apa engga caranya pa?