Emanim, Aplikasi untuk Mempelajari Fenomena Gelombang Elektromagetik

Emanim, sebuah aplikasi ringan namun powerfull yang digunakan untuk menjelaskan fenomena gelombang elektromagnetik. Bahasan tentang gelombang elektromagnetik ini biasa dijumpai dalam pelajaran fisika di sma, dan untuk orang yang belajar ilmu kimia bisa dijadikan dasar untuk mempelajari karakteristik suatu zat melalui spekstroskopi.

Jika pada pelajaran ilmu fisika siswa lebih sering hanya dikenalkan tentang sifat-sifat gelombang elektromagnetik hanya melalui cerita, paparan lisan atau tulisan tentu saja ini akan menjadi sulit dimengerti. Walaupun kadang dengan gambar sedikit membantu tetapi tetap saja akan menjadi sulit dipahami karena siswa atau pembelajar dipaksa untuk meng-imajinasi-kan sendiri apa yang ia dengar, ia baca sesuai dengan pemahamannya masing-masing.

Akan lebih baik jika konsep tentang gelombang (gelombang elektromaganetik) ini dikombinasikan dengan sebuah aplikasi selain dengan menggunakan simulasi alat nyata, karena masing-masing memiliki keterbatasan. Hanya dengan alat peraga nyata tentu tidak menjelaskan secara detil prilaku gelombang elektromagentik itu. Hanya dengan software pun demikian tidak bisa melihat gejala-gejala secara nyata.

Meskipun keduanya memiliki keterbatasan, dengan aplikasi yang ringan, yang tentu saja tidak diperlukan alat yang secara fisik, siswa diharapkan bisa tetap memahami konsep secara utuh.

Saya mendapati aplikasi ini ketika sedang mencari tentang spektroskopi dengan file berformat swf. Dalam tayangan flash tentang spektroskopi ini saya diarahkan untuk membuka tautan tentang aplikasi Emanim itu. Siapapun yang ingin mempelajari tentang fenomena tentang gelombang elektromagnetik ini bisa mengunduh dan menginstallnya di komputer sendiri. Aplikasi ini bisa dijalan kan pada pc bersistem operasi windows dan juga linux (dengan emulator tentunya 🙂 ). Silakan klik di sini untuk mengunduh Emanim versi 1.2. Ini gratis, alias freeware, ukurannya hanya 5 MB. Untuk menginstallnya tinggal klik file exe itu.

Emanim ini dibuat dengan bahasa pemrograman python. Bahkan kalau kita mengerti tentang pemrograman python juga disediakan sourcecode-nya untuk mengembangkan lebih lanjut. Meskipun demikian aplikasi ini sudah memiliki copyright atas nama András Szilágyi dari Hongaria.

Dari website resminya dijelaskan bahwa dengan Emanim ini secara animasi interaktif kita bisa mengamati perilaku gelombang elektromagnetik secara tiga dimensi. Mulai dari memperbesar tampilan, memutarnya, mengatur berbagai parameter yang disediakan yang hanya tinggal geser saja kita bisa melihat gejala yang ditimbulkan dari perubahan parameter itu.

Emanim dapat membantu pengguna memahami berbagai fenomena yang berkaitan dengan gelombang elektromagnetik, dari yang paling sederhana seperti sebagai gelombang tunggal dalam ruang vakum sampai yang paling kompleks seperti dikroisme melingkar. Fitur unggulan yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran dari aplikasi ini antara lain:

  • 19 set parameter standar yang mewakili fenomena fisik
  • Sebuah penjelasan singkat dari masing-masing fenomena ditampilkan setiap kali pengguna memilih fenomena dari menu
  • Fenomena kategori dasar sebagai berikut:
    • Jenis polarisasi (linier, melingkar)
    • Superposisi gelombang
    • Interferensi gelombang, termasuk gelombang tegak
    • Interaksi cahaya dan materi (penyerapan, refraksi)
    • Cahaya pada bahan anisotropik (dichroism dan birefringence)
    • Cahaya pada bahan optik aktif (dichroism melingkar dan birefringence)
  • Petunjuk ditampilkan untuk menunjukkan parameter bervariasi dalam rangka untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang fenomena yang ditampilkan
  • Lima sudut pandang untuk menunjukkan fenomena paling optimal (tampilan cantik, dari samping, dari depan, dari belakang, dan secara vektor saja).

Demikian sedikit informasi, semoga bermanfaat untuk mempelajari gejala alam terkait gelombang elektromagnetik.

Wassalam,

Urip Kalteng