Inilah Kurikulum 2013 untuk SD, SMP, SMA, SMK Selengkapnya

kurikulum 2013====(* Pembaharuan Agustus 2013 )====

Kurikulum 2013 akhirnya telah resmi dan final, tapi mungkin akan tetap dilakukan perbaikan seiring masukan dan kritik, baik secara redaksional maupun isinya. (Untuk mengunduh (download) silahkan mengunjungi pranala di blog ini dengan meng-klik link ini untuk semua kurikulum SD, SMP, dan SMA),

Tulisan di bawah ini adalah draft yang kini sudah difinalisasi, jadi saya sarankan untuk mengunduh yang sudah final di link di atas itu :) .


Berikut ini adalah draft kurikulum 2013 untuk SD, SMP, SMA, dan SMK (segera). Silahkan unduh langsung dari sumber resminya kalau sudah ada atau bisa langsung klik kanan dan Save As… dari tautan berikut ini:

Draft lengkap kurikulum 2013 untuk sekolah dasar (SD) hasil rapat tanggal 22 November 2012

Untuk perbagian silakan unduh di pranala/tautan berikut ini:

Kompetensi Inti SD

Peta Kompetensi Dasar Mata Pelajaran SD

Draft kurikulum 2013 untuk sekolah menengah pertama (SMP)

Kompetensi Inti SMP

Peta Kompetensi Dasar Mata Pelajaran SMP

Peta Kompetensi Dasar Pendidikan Agama_SMP

Draft kurikulum 2013 untuk sekolah menengah atas (SMA) menyusul

Draft kurikulum 2013 untuk sekolah menengah kejuruan (SMK) menyusul

===============Update tanggal 30 November 2012===============

Inilah bahan uji publik kurikulum 2013 yang baru di upload (30 Novenber 2012) oleh kemdikbud di alamat http;//kurikulum2013.kemdikbud.go.id, ini hanya berupa file tayangan berbentuk pdf, dan tidak memberikan isi yang utuh.

Sebagai alternatif dapat juga diunduh dari tautan ini atau Pranala bahan Uji Publik_Kurikulum2013 yang ini. Yang jelas isinya semua sama. Meskipun dari bahan uji publik itu tidak utuh bisa kita cermati namun begitulah adanya, yang dikehendaki kemdikbud.

===Update dari paparan uji publik di Surabaya tanggal Desember 2012===

Klik di sini untuk bahan uji publik modifikasi 9 Desember 2012 di Surabaya

Mari simak dan mari kita kritisi, sambil berharap semoga ini adalah awal perubahan yang membawa wajah pendidikan di negeri ini lebih baik. Tidak terpuruk seperti berita bahwa Sistem Pendidikan Indonesia Terendah di Dunia lagi.

Draft kurikulum SMA, SMP, dan SD edisi terakhir 9 Februari silakan lihat pada tulisan https://urip.wordpress.com/2013/02/16/update-draft-kurikulum-2013-untuk-sdmi-smpmts-smama/

Wassalam

Urip Kalteng

132 responses

  1. pak, ini buat kurikulum SD alternatif pertama ya? alternatif kedua untuk IPA dan IPS dibuat tersendiri di kelas 5 & 6, memang gak jadi?

    1. Saya belum dengar hal itu Bu, yang jelas semua bisa ditarik ulur.

    2. bukan eta photo na meni cilepeung
      dari papamu tercitaiiiiii

  2. luarr biasa …..
    salut buat pak Urip yang rela dan ikhlas berbagi.
    saya tunggu untuk yang kurikulum SMPnya.
    terima kasih

    1. Sekedar menyebar saja Pak Leck, jadi tidak ada yang luar biasa :) Monggo dipun antos :)

  3. informasi yg sgt berharga…saya menunggu yg SMP jg pak!

  4. Info yang sangat bagus

  5. terimakasih atas sharingnya pak Urip. Insya Allah akan menjadi masukan bagi kami untuk menganalisis dan mempersiapkan diri lebih awal.

    1. Draft memang sebutannya tapi biasanya memang tidak akan banyak berubah kecuali kemdikbud kalah argumen saja :) saat uji publik dan evaluasi.

    2. Iya betul pak Urip, saya pun khwatir draft ini nantinya akan difinalkan tanpa ada revisi padahal saya melihat ada potensi masalah dlm draft Kurikulum SD tersebut. Masalahnya adalah Tematik integratif Agama dan Penjas di kelas 4,5 dan 6. Akan ada kesulitan implementasi di banyak sekolah ttg Guru yg mengampu tema tertentu. Apakah akan diampu oleh guru kelas, guru Agama atau guru Penjas…

  6. Terima kasih ats kiriman Draft Kurikulum 2013… Smoga Allah yg membalasnya. Amin…

  7. trm ksh pak infonya… salam…

  8. Trims Pak Urip. Ini yg kami tunggu2. Saya upload ulang ya… slam persahabatan

  9. terima kasih pak,, semoga bermanfaat

  10. bagus benerrrr..makasih pak…berapa persen peluang kurikulum ini akan di pakai di SD 2013

  11. pak urip memang oke
    saya lgsg unduh
    saya juga tertarik lihat apa istimewanya
    apakah Kompetensi Inti pengganti Standar kompetensi
    kalau bisa cari bentuk RPPnya
    trims byk
    by kasman mappa Guru SD di Makassar

  12. Terimakasih banyak! ditunggu perkembangan dan perubahan lebih lanjut jika ada

  13. Terima kasih pak Urip. saya unduh sebagai bahan diskusi dengan teman-teman guru SD

  14. kepada semua guru TIK kiranya dapat memberi masukan kepada pemerintah terhadap penghapusan mapel TIK dialamat : http://kurikulum2013.kemdikbud.go.id/
    mari berjuang agar TIK tetap sebagai salah satu mapel….. selamat berjuang.

  15. ya teman2 guru tik ayo perjuangkan pelajaran tik mau dikemankan pa apalagi mereka baru saja mengikuti sertifikasi jalur plpg seharusnya pemerintah langsung memberi solusi agar guru tik tidak bertanya-tanya gitu pa urif maksh

  16. Pak urip, sebenarnya keinginan pemerintah kita maunya apa, karena kurikulum KTSP saja belum sempurna diselesaikan para guru, eh malah muncul lagi kurikulum baru, mau jadi apa negara ini yang penuh dengan sensasional kurikulum………….

    1. Emang begitulah kurikulum yang dinamis, selalu berubah disesuaikan dengan perkembangan IPTEK dan lain-lain. jangan pesimis dengan kurikulum baru ini. dulu kita juga ragu setiap ada kurikulum baru, setelah kita jalani ……. eh enak nenan……

  17. Gonta ganti kurikulum terus menerus tidak akan banyak menyelesaikan masalah di Dunia Pendidikan yang dach kadung merosot baik dai segi kualitas apalagi dari segi mentalitas…. karena …. Lebih mengutamakan peningkatan kecerdasan Hard Skill ( IQ ) dari pada Soft Skill..( Mentalitas, kepribadian, kedisiplinan, tinggkat lakiu, semangat dll )… Buktinya dengan menuntut pelaksanaan UN yang bisa mem Vonis Siswa Lulus atau tidak Lulus…begitu pun Guru… Dengan UKG… bisa menyatakan Guru Kompeten atau tidak Kompeten… Uedaaaaaannn

    1. Biasanya Guru tidak mudah pesimis dalam menanggapi persoalan. kurikulum pendidikan dirancang oleh para ahli di bidangnya. pakar pendidikan di indonesia hebat-hebat lho, buktinya dosen-dosen Malaysia dulu belajar di Indonesia. hanya mereka cerdas mengembangkan ilmu yg diperolehnya….. jadinya sekarang mereka lebih “hebat”.

  18. Terima kasih Pak untuk blog ini…

  19. mari kita cermati dulu apa yang mendasar pada kurikulum 2013, baru kita beri masukan yang membangun. kita jangan alergi adanya perubahan. sebab tanpa perubahan tidak ada kemajuan. semampang perubahan demi kemajuan, kenapa tidak?

    1. Berubah ok, sebab maju juga berubah, yang penting tidak jalan ditempat, bergerak tapi tetap ditempat :)

    2. memang guru dan siswa hanya jadi kelinci percobaan kurikulum baru

  20. maaf pak urip,sy dengar utk kurikulum baru SMK 2013,pelajaran IPS dan Kewirausahaan tidak ada,padahal kami baru saja plpg….yg dituntut harus memenuhi jam mengajar 24 jam…..,bagaimana nasib kami pak kalo begini jadinya

    1. Tenang saja bu, ini masih akan terjadi tarik ulur selama uji publik, itu pasti sudah disiapkan solusinya.

    2. ini kurikulum tidak jelas karena memang belum siap sarprasnya yang KTSP saja belum ada tindak lanjut pak

  21. izin unduh ya pak. tks sudah berbagi.

  22. aduuuuh ini kurikulum pendidikan kita, satu belum dikuasai dah muncul lagi yang baru bagaimana mau kompeten di tingkat core curriculum? paling materi penataran lagi yang ditingkatkan

  23. Kurikulum kok ganti terus…………. belum kelihatan hasilnya, ganti, trus pendidikan ini akan diapakan ? apa hanya sebagai uji coba ? kalau begini terus, jelas ketinggalan dengan negara lain, coba merdeka sudah 67 tahun, Menurut saya : Begini yang ditingkatkan profesional gurunya, yang tidak bener-bener profesi adakan pembinaan khusus kalau tidak ada peningkatan alihkan fungsi, profesinya bidang apa ? jangan dipaksakan jadi guru, karena kondisi sekarang guru yang tidak profesional menjadi hambatan bagi guru yang bener2 profesi

    1. yah kalau menurut saya sih ……………seharusnya jangan gonta ganti kurikulum dan sistem muluk…… yang perlu diperbaiki adalah yang pertama TENAGA PENDIDIKNYA, karena sebagian besar, gurunya gak kompeten sama sekali……….. kejaannya ngobrol di dalem kantor atau duduk diam di kantor,,, karena mereka orang yang berduit yang daftar jadi pns guru,,,,,,, banyak duit bisa jadi guru pns,,,, padahal peduli juga gak ama pendidikan….. muatan materi pelajarannya , taroklah kompetensi dasarnya lah + bahan ajarnya yang di tingkatkan. sesuai perkembangan jaman

      maaf mungkin ini pendapat yang paling bodoh yang pernah anda baca….

      tapi tau gak mungkin buuuaaannnyaaak sekali dari sekolah atau guru yang belum mudeng juga ama KTSP kemarin dan belum juga di terapkan dalam pembelajaran ……..

      ketidak suksesannya adalah karena TENAGA PENDIDIKNYA,, dari semua kurikulum yang pernah ada kayak kurikulum 94 bisa menumbuhkan generasi yang hebat,,, padahal kurikulum nya ketinggalan tapi GURUNYA HEBAT2………COBA SEMUA PLAY BACK KE MASA KITA MASIH SD/ SMP/ SMA

  24. draf kurikulum SMP dan SMA kapan disosialisasikan? Apakah ada perubahan signifikan konten materi ajarnya?

  25. terimakasih untuk blog ini, kapan draf untuk kurikulum SMA disosialisasikan ?

  26. Salam. Pak, kira2 kurikulum 2013 ini sudah bisa diteliti belum? Saya sdang proses pencarian judul untuk skripsi. Jika bisa, untuk skrng ini krna msh launcing, saya neliti dr sudut apanya ya? Trims

  27. Zaenal Abidin Syah

    trims Pak Urip semoga amalnya tambah banyak, apakah kurikulum ini menyiapkan RPPnya juga ya? kita tunggu kelanjutannya

  28. ya Allah ….. bingung aku :(

  29. Pak , gimana nasib guru honor yang di negeri kalo kurikulum di ganti …. ?
    banyak mata pelajaran yang berkurang , kemudian guru PNS ambil alih .. lah nasib kami gimana pak .. kami para honor di negeri …. ya Allah aku bingung :(

    1. Mbak anita , saya juga sama guru honor di negeri , jika kurikulum 2013 di jalankan berarti akan kemanakah nasib kita jika jam mengajar kita di kurangi ????

  30. Jangan takut perubahan karena kemajuan itu adalah perubahan, kalau kita gak mau berubah maka kita gak akan maju…..Gali terus potensi pendidikan asal jangan berpolitik dalam pendidikan, maturnuwun.

  31. pak Rokhim , kami tidak takut perubahan tapi kami khawatir jam mengajar kami hilang terus kami di kemanakan …. karena kami juga guru honor di negeri :(

  32. Terima kasih Pak Urip Kalteng, Kurikulum 2013 memang sangat diperlukan sebagai bahan uji dan evaluasi untuk terus meningkatkan sistem pendidikan di Indonesia yang dibilang masih sangat rendah, tak juga Guru-guru yang lebih utamanya harus diberi pelatihan, karena masih banyak Guru-guru di Indonesia SDM nya masih kurang, belum lagi mengalami kekurangan Guru, dan ribuan Guru-guru yang jauh dibawah kesejahteraan ekonominya. semua menjadi PR bersama juga Pemerintah, semoga kedepan jadi lebih baik..,Salam Super Pak Urip Kalteng.
    Agus Priyanto, S.Pd.I
    Guru SDN Sirahan 1, Salam, Magelang, Jawa Tengah

    1. Salam Super juga Mas Agus Priyanto :)

  33. Kurikulum apa dan bagaimanapun bentuk serta namanya, kuncinya terletak pada pelaksana kurikulum tsb, yaitu para guru sebagai ujung tombak pendidikan dan pengajaran di sekolah,,bila yang disebutkan terakhir ini tidak memiliki kompetensi dan pemahaman yang utuh terhadap aneka bentuk kurikulum,, hasilnya pasti nihil,,,

  34. draft kurikulum 2013 untuk SMP dan SMA kapan akan terbit … terima kasih

    1. Mungkin tidak akan terbit pak,tapi langsung dalam bentuk buku :)

  35. Saya tunggu draft kurikulum SMK 2013.

  36. Alokasi waktunya (JP) tiap mata pelajaran gimana??

    1. Ada dibagian bahan uji publik Mas

  37. Gimana kedudukan bimbingan konseling yang merupakan salah satu pilar di sekolah tidak bisa diabaikan

    1. kurikulum bimbingan dan konseling perlu diperkuat untuk lebih memperkuat pendidikan karakter dan pendidikan moral di Sekolah

    2. Maaf saya tidak dalam kapasitas pengambil kebijakan kurikulum 2013, silahkan sampaikan pada web uji publik kurikulum 2013 di http://kurikulum2013.kemidkbud.go.id

  38. Terimakasih Pak Urip Kalteng,ditunggu info berikutnya

  39. Makasih infonya

  40. Trims pek urip infonya. kamitunggu kelanjutannnya. semoga pak urip tetap sehat dan panjang urip pak. amin.

  41. Untuk mapel agama, apakah juga harus disajikan berdasrkan tema Pak? Sebab contoh jaringan tema yg dipublikasikan pemerintah itu hanya pada 5 mapel saja. Trmakasih

  42. Terima kasih pak Urip, saya ingin informasi tentang Spektrum baru untuk Kurikulum SMK 2013
    apa sudah ada ?

  43. perubahan kurikulum , saya setuju aja . kalau memang di pandang perlu , harus berubah . Namun pada kurikulum 2013 y.a.d. ini, bahasa daerah ( jawa ) kiranya sudah tidak diperlukan lagi . Benarkah demikian ?

  44. terima kasih prof, kami sebagai guru sd sangat memahami hal itu agar sistem pendidikan kiita tdk tertinggal dengan negara-negara tetangga ….. amin…. semoga terwujud cita-cita bangsa ini

  45. TERIMAKASIH…PAK !SALUUUUT!

  46. Ass Pak Urip , bagaimana kurikulum 2013 untuk SMK / SMA
    .. jadi lounching ga ya ?
    soalnya kami para guru banyak khawatir untuk pembuatan RPP ataupun sejenisnya karena kami dengar di kurikulum 2013 banyak mata pelajaran yang di gabung , misalnya Kimia … untuk kimia tidak berdiri sendiri tetapi harus disesuaikan dengan mata pelajaran produktif nya ….
    tolong penjelasannya pak Urip yang terhormat . makasih – Wassalam

  47. a. fitrianialfian

    Mksh Banyak pak, smg slalu sehat dan succes, sehingga sy kebagian berita – berita yg update,,izin unduh artikel nya,,,, tks ,,

  48. mksh bgt pak infonya, aku guru smp di sumsel

  49. pak,,
    kurikulum untuk smk mta pelajaran kimia dan matematika.. ada tidak???????

  50. MATUR NUWon pak Urip., semoga bermanfaat buat smua yg satu profesi ! inilah termasuk salah satu kurikulum yg mengedepankan cinta tanah air., tpi adakah yg d korbankan? he.he.he..

  51. Terima kasih…kutunggu info selanjutnya

  52. makasih infonya pak ditunggu yang lainnya

  53. sudah waktunya kurikulum mengikuti perkembangan kalau tidak ya dunia pendidikan kita akan tertinggal jauh dengan negara tetangga (Malaysia) malu donk, , hidup pak Urip, sukron

  54. trim bos infonya smoga pendidikan lebih jaya

  55. matur nuwun nggih pak urip,mugi2 dibales saking gusti Allah……………

  56. Umpama adalah seni berkomunikasi Suku Batak. Di bawah ini ada beberapa umpama yang dapat digunakan untuk memberi semangat dan nasihat. Sapala na mardalani, unang olat ni sigalangan. Sapala naung ditobus Debata, bah… unang ma diparalangalangan. Alai gabe

    tolong . . . . untuk SMP dan SMA kurikulum untuk Agama Kristen Protestan. . . . . . apa bisa kami dapatkan

  57. emielidar Mukhtar

    terima kasih atas informasinya sukses selalu buat bapak

  58. Mr, draf kurikulum 2013 untuk SMA sidah ada belum ? mohon infonya ya…Trims

  59. kurikulum PAK SMP kok gak ada ya ??

  60. Pak Pripun iki ingkang Pendidikan Agama Kristen SMP koq belum ada?

  61. Oke terima kasih, mudah-mudahan para guru se Indonesia cepat memahami kurikulum baru ini sehingga hasilnya lebih baik dari sebelumnya, kasihan guru yang akan melaksanakan ….

  62. napa untu sma belum dipublikasikan

  63. apa benar TIK mau dihapus Pak Urip?

    1. Iya benar, guru TIK diminta siap mengajar mata pelajaran lain :)

  64. Pak Urip,

    Saya melihat petikan kompetensi dasar SMA mata pelajaran KIMIA kelas X.
    Sungguh menggelitik dan terasa terlalu mengada-ada.

    Apa coba hubungan antara menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya sebagai kompetensi inti dengan menyadari keteraturan konfigurasi elektron sebagai kompetensi dasar.

    Agama di indonesia yang sudah diakui adalah 6 plus aliran kepercayaan, apakah sang penyusun kompetensi ini menggunakan kacamata ke 6 agama plus aliran kepercayaan dalam memandang keteraturan konfigurasi elektron atau semata menggunakan kacamata agamanya saja?

    Sungguh sudah sangat bias, bukannya kemajuan yang kita peroleh akan tetapi pengkerdilan konsep berpikir berlandaskan agama tertentu

    Yang saya takutkan adalah upaya sistemik dari golongan agamais membunuh golongan saintis. Mudah-mudahan kita semua tidak terperangkap dalam perang tersebut dengan mengorbankan anak kita semuanya

    Ikwan – orang tua murid

  65. apapun bentuknya kurikulum itu (kur 2013), guru,murid dan orang tua akan tetap terbawa oleh sistem mencoba-coba, yang akhirnya menimbulkan keragu-raguan untuk meningkatnya mutu pendidikan di Indonesia.

  66. mohon untuk diteliti karena menurut pembelajaran bertahun2 ke belakang plajaran Al Qur’an kls 6 itu surat AL MAIDAH AYAT 3 ( bukan ayat 2 ) dan SURAT AL HUJURAT AYAT 13
    mohon utk dibalas ataukah memang ada perubahan ayat ? trm kasih
    kkg pai purwakarta

  67. semoga yang akan dijadikan pengganti akan lebih baik dari yang akan digantikan

  68. terimakasih pak atas informasinya..iini sgt membantu

  69. Tolong di sebar luaskan
    Software Laporan SPJ BOS 2013 Gratis
    untuk menunjang program wajib belajar 12 tahun

    klik link ini : http://adf.ly/JfpFC

  70. Pak, minta informasi daftar mata pelajaran smp dan sd untuk kurikulum 2013

  71. assalamualaikum pak,, apa d kurikulum 2013 ini, mata pelajaran komputer ditiadakan?

  72. kmpus saya ada jrusan TIK fakultas pendidikan, trus gmna nasibnya pak??

  73. TIK terintegrasi dg mapel lain…lha guru yg bersertifikasi TIK dikemanakan ? maka, tdk semuanya serumpun latar blkg pendidikanya dg MIPA (rumpun MIPA-TIK). Kasihan siswa, jadi ajang proyek…kurikulum yg dahulu belum matang, eh diganti …mana kompetensi intinya terkesan “mengada-ada / dipaksakan”. Pengamatan sy di lapangan, mayoritas guru tidak menyusun silabus,,,,mending kalo di MGMP menyusun…kebanyakan ngeprint dari CD yg dijual orang (Pak Urip, peluang bisnis pula nich pian….RPP and etc dr kurikulum 2013…Mendikbud dpt proyek, pian iya jua :-) )

  74. thank U very much 4 infonya

  75. Mr. Urip, perubahan memang Tan Kena Ora(TKO) sy pun tdk alergi asal konstruktif. Tapi apakah sdh di analisa akan mampu berapa thn. berlakunya kurikulum 2013. Seorang tokoh penddkn negeri Cina mengatakan”Bila memprihatinkan suatu bangsa seratus tahun yang akan datang, maka tanamlah pendidikan”. Jadi pendidikan kita harus bisa menjawab tantangan 100 tahun yang akan datang. maka menurut sy Draf Kurikulum dibuat utk 100 th ke depan. utk perubahannya bisa periodik tiap 10 thn atau kondisional, jadi berkesinambungan tdk parsial. Setiap akan ada perubahan guru didiklat dulu, selama ini kan kurikulum baru sdh berlaku baru ada diklat beradaptasi dg kurikulum baru. berarti mengalami stagnan. Sekedar urun rembug. (Sujendro,S.Pd.I GPAI SDN 1 Tambaksogra, Sumbang Banyumas).

  76. tlg d blas komentar, usulan, dan unek” kawan-kawan pengajar.

  77. Terima kasih infonya sangat berharga, terus untuk bahasa daerah dan TIK di mana posisinya, padahal sekarang lagi digalakkan bahasa daerah serta siswa sangat perlu memahami komputer (TIK) sebab kalau diintegrasikan dengan mata pelajaran lain kayaknya kurang serius

  78. obedh Anas Saleleu

    TERIMA KSIH PAK urip, tapi saya mau tanya, kurikum pendidikan agama kristen pada smp kok gak dimuat pak? terima kasih…

    1. Menyusul kemudian kalau belum ada yah :)

  79. capek deh…… bentar-bentar ganti coba saja renungkan dari 2004 sudah berapa kali kita ganti kurikulum trus apa yang di dapat secara segnifikan oleh siswa-siwi kita ????

  80. Banyak hal yang cukup rumit untuk dipahami filosofis pemikiran kurikulum 2013 yang digulirkan Kemendiknas. Mulai dari sikap seakan-akan memaksakan harus tetap dilaksanakan pada tahun pelajaran 2013-2014 yang akan datang walaupun belum siap, sapai dengan ketidak jelasan organisasi kurikulum yang dianut.

    Saya mencoba mempelajari Kompetensi Inti dan kompetensi Dasar, beberapa mata pelajaran untuk SMA/MAN tampak seakan-akan mengada-ada dan menjeneralisasi serta tidak menghargai karakteritik masing-mqsing agama yang diakui Indonesia, sungguh sangat tidak elok untuk berkomentar terbuka dan jujur disini.

    KTSP konsepnya sudah cukup cocok dengan kondisi keragaman budaya, agama, bahasa dan keluasan wilayah kita. Barangkali perubahan konsep belum diperlukan, penyempurnaan dan peningkatan pola aplikasi betul diperlukan. Kecuali perobahan ini dilakukan untuk pengumpulan dana pada 2014. maaf kalau terlalu fulgar.

  81. Saya melihat lelucon dalam perumusan KD matematika, misal:
    2.2 Menunjukkan kesadaran hak dan kewajiban serta toleransi terhadap berbagai perbedaan di dalam masyarakat majemuk sebagai gambaran menerapkan nilai-nilai matematis sebagai hasil mempelajari persamaan dan pertidaksamaan linier

    Terkesan dipaksakan untuk memasukkan unsur nilai karakter budaya bangsa. Dari perumusan tsb saya memaknai ada 3 tujuan yang harus dicapai, yaitu 1) dapat menunjukkan kesadaran hak dan kewajiban 2) dapat menunjukkan toleransi 3)dapat memahami persamaan dan pertidaksamaan linear.

    Untuk yang nomor 1) dan 2) gimana cara ngukurnya?

    1. Hahaha, gak usah diukur Kang, biarkan aja, dan mari temukan kelucuan yg lain. Semoga kita dan siswa kita bisa ikut stand up comedy.

  82. biar kurikulumnya diganti juja sama saja, itu semua dari cara seorang guru untuk mendidik siswanya, jdi menurut saya kurikulumnya tidak usah diganti saja, pendidikan itu bukan dari kerikulum baru seorang siswa itu bisa mengenal pendidikan, tpi dari guru yang membimbingnya.

  83. Kurikulum sangat penting bagi satuan pelaksana pendidikan
    namun untuk menyusun suatu kurikulum …….
    perlu SDM…………..perlu waktu………. perlu biaya
    sedangkan biaya operasional setiap satuan pendidikan sangat berbeda-beda
    perbedaan disamping masing-masing sekolah, tapi setiap daerahpun menganggarkan dana pendidikan yang sangat jauh berbeda…………. apalagi denga sistim otonomi daerah

  84. pak..terimakasih banyak atas sharingnya..oia pak..untuk yg Kompetensi inti dan dasar untuk jenjang SMK belum ada y pak? bila sudah dipublish..saya mohon kesediaan bapak untuk mengirimkan di alamat email saya..ecy.whiterose@gmail.com..terimakasih banyak pak

  85. Pak informasikan lebih jelasnya dong…kurikulum smk bagaimana? apa bener IPS untuk SMK dihapus, terus bagaimana nasib saya yang sudah PNS dan bersertifikasi, gimana rencana pak menteri terhadap guru-guru PNS (SMK) yang mata pelajarannya dihapus seperti saya.

  86. Menurut pendapat saya kurikulum manapun tidak akan berjalan baik dikala pelajaran agama dikesampingkan,kalau nilai keimanan manusianya rendah maka tunggulah kehancurannya

  87. terima kasih banyak pak guru?

  88. untuk bahasa indonesia SMP kok belom ada ya pak

  89. terima kasih atas infonya ya

  90. NGATMIN (SMK DINAMIKA PEMBANGUNAN 1-2 JAKARTA)

    Terima kasih Bapak Urip telah berbagi informasi. Saya mohon bila draft resmi Kurikulum 2013 untuk SMK sudah ada kirim ke alamat email saya.

  91. kalau punya guru smk kimia ada tidak ya?

  92. Ir. doenk zadule. PGU (Pengangguran Ga bisa Usaha)

    Guru ga bisa disalahkan! mereka pasti pintar…yg bodo itu pemerintah yg salah urus negara ini..ga bisa milih menteri Pendidikan sesuai keilmuan di bidangnya..jadi mentrinya ga ngerti pendidikan …buat kurikulum aja ga bisa….payah….percuma lulus…kalau jadi pengangguran juga….he he he lulusan SMA Pengangguran…Sarjana Pengangguran…Negara ini punya pemimpin pemimpin mungkin nilainya jeblok semua waktu lulusnya…sampai ngga ada pembangunan yg kita rasakan…cuma bisanya ribut mulu…..ribeeet!!!!!!

  93. tolong disajikan sk/kd kurikulum 2013 untuk smk

  94. pak, kurikulum 2013 bahasa inggris untuk smk ada pak? mohon bantuannya

  95. pak urip yang baik silabus kimia sma kurikulum 2013 tolong ya kalau sudah ada.

  96. terimakasih pa atas infonya

  97. buku mekanika teknik untuk SMK belum ada ??

  98. eapa saja pelajaran yang akan di hapus tingkat sd

  99. Mohon d upluad draf kurikulum 2013 utk mapel seni budaya smp kls 7 s.d 9, kalo bisa lsung aja ke robenmarbun@ymail.com, trims sebelumnya.

  100. Yaaa, semoga nasib Kurikulum 2013 ini tidak “dibatalkan demi hukum” oleh “yang berwenang” seperti nasib “almarhum RSBI”, dan segera ditemukan “virus orang pinter yang keblinger dan mumpung bisa minteri” Ya, Allah berikanlah yang terbaik buat bangsa ini. Amin.

  101. banyaknya lulusan sarjana malah materi pelajaran dikurangi

  102. Mohon jangan korbankan guru bahasa inggris di smk…

  103. Kurikulum apapun yang dibuat untuk siswa-siswa kita…………………. pada akhirnya yang sangat dibutuhkan adalah skill atau keterampilan….. sementara kurikulum yang selama ini diluncurkan masih mencari jati diri kearah mana ????? yang mau dituju….

    1. mua dibawa kemana …kurikulum kita

  104. saya setuju saja apapun kurikulumnya, yang penting antara tugas yang dikerjakan dengan tingkat kesejahteraan guru seimbang …. ok !!!!

  105. Pak… saya mau nanya pak , kurikulum 2013 yg untuk smp/mts apkah sama materinya? , mohon penjelasan tentang k.2013 pak.. trims.. :)

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.604 pengikut lainnya.