Simulasi Fisika dan Matematika dengan Java Applet

Dua bidang ilmu fisika dan matematika saya akui adalah ilmu yang banyak menjadi dasar bagi ilmu sains lain dan terapannya. Oleh karena itu wajar saja banyak orang yang menaruh perhatian untuk memberikan jalan demi kemudahan siapapun yang ingin mempelajarinya. Berbagai simulasi fisika dan matematika sangat-sangat banyak sekali tersedia di internet. Mulai dari yang sudah jadi software maupun yang hanya berupa aplikasi ringan, ada yang sumbernya terbuka dan ada pula yang tertutup. Yang terakhir itu tentu saja terkait dengan hak cipta dan lain-lain.

Bukan pekerjaan mudah untuk membuah aplikasi sederhana dengan java applet kalau kita tidak punya dasar, tetapi semua itu bisa dipelajari oleh siapapun dengan modal ketekunan dan tekad pantang menyerah 🙂 Saya? Saya mudah sekali menyerah, paling banter hanya bisa mengalihbahasakan dari yang sudah ada itu. Itupun dengan kemampuan terjemah yang masih sangat kacau 🙂 Eh… tapi saya sudah mulai mau berkenalan dengan java applet itu loh. Anda juga kan setidaknya melalui tulisan ini? Hehehe kalau sudah bisa dan hebat ajari saya dong.

Ok lah melalui tulisan ini saya hanya bermaksud untuk mengajak rekan, siapapun anda, siswa, mahasiswa, penggiat pendidikan, guru, calon guru, dosen, guru besar (halah…) untuk memanfaatkan yang ada di internet untuk kemudahan kita belajar dan bekerja di bidang kita yang masih ada kaitannya dengan kedua ilmu tadi, fisika dan matematika. Tentu saja mengajak mengoptimalkan berbagai simulasi berbasis java applet untuk kita manfaatkan sebagai media belajar guna memahami ilmu yang sedang kita pelajari. Mbulet yah bahasa saya 🙂

Dengan menggunakan search engine kita dengan mudah mendapati berbagai simulasi fisika, matematika, juga kimia tentunya (kan ini area saya mengajar). Banyak juga simulasi applet java sekaligus menyediakan source codenya. Nah yang seperti itulah yang saya suka utak-atik, utak-atik bahasanya. Ketika saya perlukan untuk mengajar di kelas saya tidak perlu banyak menjelaskan, karena bahasa antar muka dari simulasi yang saya pakai sudah berbahasa Indonesia. Maklum siswa saya kan banyak yang tidak bisa mengerti Bahasa Inggris, aslinya sama dengan saya sih tidak mengerti juga. Yang jelas saya berusaha untuk bisa mengerti.

Contohnya di web http://www.falstad.com/mathphysics.html (saat saya menulis ini web berjalan dengan baik). Atau yang ini, http://www.compadre.org/osp/. Ini sekedar contoh yah, kalau menggunakan google seperti ini untuk fisika dan seperti ini untuk matematika serta seperti ini untuk kimia. Anda bisa jelajah lebih lanjut.

Bagaimana sedikit utak-atik source code java applet, silakan baca cerita dan sedikit tutorialnya pada tulisan Pertama Kali Belajar Java Applet di blog ini juga.

Sudah hanya begitu, maaf kalau pembaca kecewa karena berharap lebih, namun kalau mengikuti saran saya pada tulisan ini bisa kok dapat lebih banyak 🙂

Anda juga bisa baca celoteh saya tentang java applet dari pranala di bawah ini:

Wassalam

Urip Kalteng

2 responses

  1. boleh tidak jadi penulis tamu di sini???

  2. terimakasih banyak pak infonya .. sangat membantu sekali