Random Post Slider, Tampilan Acak Tulisan di Blog WordPress

wplogoRandom post slider adalah salah satu plugins wordpress yang dikagumi oleh si-gaptek dalam beraktivitas ngeblog. Bagaimana tidak kagum, sebab kalau membuat sendiri pasti tidak bisa. Dengan sedikit utak-atik baca petunjuk penggunaannya ternyata bisa juga tampil tulisan/post ditampilkan secara random atau acak. Random post slider ini bisa diletakkan dimana saja ditampang blog, baik di sisi samping, di posting, atau sesuka hati yang punya blog. Kalau mau tahu tampilan random post slider yang dimaksud si-gaptek lihat saja di blog gurukimia.web.id.

Barangkali sudah banyak tutorial yang lain, tapi dengan cara gaptek nekad si-gaptek menuliskan ala dirinya sendiri. Dengan kemampuan berbahasa Inggris yang cekak si-gaptek belajar ia ikuti petunjuk hingga penggunaannya. Pada awalnya si-gaptek yah pasti tidak langsung bisa dicoba dan dicoba lagi akhirnya dia bisa juga menampilkan di blog-nya. Sayangnya random post slider ini belum dapat diterapkan pada blog wordpress.com.

Cara memasang plugins Random Post Slider di blog wordpress

  1. Bagi yang baru menggunakan wordpress sebagai basis ngeblog masuk sebagai admin (log in) sebagaimana biasa untuk bisa memasang plug ini ciamik ini dan masuk ke Dashboard.
  2. Klik Plugins pada menu samping dasboard dan pilih add new.
  3. Pada kotak pencarian (search) ketikkan “random post slider” kemudian klik tombol Search Plugins
  4. Klik install dibagian bawah wordpress plugin random post slider, tunggu hingga penginstallan tuntas.
  5. Aktifkan plugins yang baru berhasil di-install itu, dengan nge-klik plugins installed pada menu samping dashboard, klik active.

 Cara menggunakan plugin Random Post Slider di blog wordpress

  1. Setelah plugins diaktifkan, saatnya melakukan pengaturan (penyetingan). Klik Setting pada menu samping dashboard, dan pilih Random post slider.
  2. Atur sedemikian rupa, dengan memainkan “perasaan” saja 🙂 seperti yang si-gaptek lakukan settingnya seperti tampilan di bawah ini. nanti kalau mau coba-coba untuk ubah efek dari setinggan lakukan cara ini dengan setting beda.
  3. Ketika settingan dirasa beres klik tombol Submit.
    Random post slider setting by gurukimia
  4. Ok siap untuk menggunakan random post slider itu. Caranya cukup mengetikkan shortcode [wp-post-slider] dimanapun dikehendaki maka tampilan tulisan akan muncul secara acak sesuai setting yang dibuat pada langkah no 2 itu. Bisa ditampilkan di widget sidebar dengan menggunakan widget text. Seret ke sidebar (pada menu widget) widget text itu terus ketikkan kode singkat ([wp-post-slider]) untuk random post slider itu. Silakan publish atau save draft kalau dilakukan dalam postingan.
  5. Selesai, silakan lihat tampilannya.

Begitulah cara si-gaptek menggunakan random post slider untuk pertama kalinya. Semoga saudara yang mengalami nasib sama karena baru pertama kali menggunakan wordpress bisa sedikit terbantu. Jika ada kesulitan dalam hal penggunaan random post slider dengan senang hati si-gaptek berbagi pengalamannya.

Demikian,

Wassalam 🙂

Iklan

4 responses

  1. sudah dipraktikkan pak….

  2. Bisa dicoba nich, untuk web sekolah saya yang menggunakan wordpress self hosting

  3. Banyak Plugin slider tapi beberapa yang aku coba ngga sesuai keinginan ada yang bagus tapi berbayar nah mau coba tips ini dulu lah. Thank infonya!!

  4. makasih tutornya mas. ijin praktek mas 🙂