Menerjemahkan Widget WordPress

wplogoKadang kita ingin membuat tampilan blog semua berbahasa sesuai bahasa yang kita gunakan dalam blog itu. Dalam widget wordpress kadang disediakan pilihan untuk mengganti judul widget yang kita gunakan. Ini tentu akan membuat kita mudah untuk menggantikannya. Namun beberapa ada yang tidak disediakan pilihan seperti itu, maka kita mesti mengganti-nya (mengalihbahasakan-menerjemahkan) itu dalam file default-widgets.php dalam folder wp-include .

default widget

Selanjutnya… Kita tinggal mencari kata yang hendak kita terjemahkan biasanya selalu diawali dengan tanda tertentu (__(‘Kata yang akan diterjemahkan‘)) seperti pada ilustrasi berikut ini.

Contoh alihbahasa

Saran sebelum melakukan perubahan terhadap file default-widget.php ini sebaiknya dibuat backup file tersebut. Misalnya dengan membuat duplikat atau menkopi-nya atau mengunduhnya terlebih dahulu. Jika ada “kecelakaan” dalam penerjemahan itu kita bisa mengembalikan keadaan sebelumnya.

Beberapa widget standar yang menurut saya perlu dilakukan penerjemahan antara lain:

  • Widget Recent Comment: –komentator–“ON” –judul posting;
  • Widget Archives: “Select Month” — ini kalau mau membuat arsip kita dalam mode dropdown.
  • Widget Category: “Select Category”—ini kalau mau membuat kategori kita dalam model dropdown.
  • Widget Meta: kalau hendak menerjemahkan log in, dll yang ada dalam widget ini.

Demikian, sedikit yang saya tahu.

Urip Kalteng


Iklan

3 responses

  1. Iyah, betul pak. saya biasa melakukannya secara manual tapi kadang ada yg tidak bisa saya ubah. saya baru tahu cara seperti ini.

    Memang mengandung resiko, tapi dengan backup resiko bisa diperkecil sampai nol