Pembahasan Soal Nomor 6-10 OSN Kimia Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2013

osn logoBerikut ini adalah pembahasan soal seleksi olimpiade sains nasional bidang lomba kimia tingkat kabupaten dan kota tahun 2013. Pembahasan soal ini dibuat oleh pengelola blog ini, sehingga jawaban dan pembahasan bisa saja tidak tepat, oleh karena itu dengan senang hati jika ada pembaca yang sudi memberikan saran dan perbaikan atas penyelesaian yang tertulis di sini pada kolom komentar.

Pada bagian ini akan dibahas hanya 5 nomor (no 6-10), 5 nomor berikutnya akan diposting pada tulisan berikutnya hingga seluruhnya terbahas. Pembahasan soal OSN Kimia nomor 1-5 ada di sini.
Soal Nomor 6:

Berikut ini, yang manakah urutan dari bilangan kuantum suatu elektron dalam orbital 4d?

tabel 4d bilangan kuantum

Pembahasan:
Bilangan kuantum suatu elektron dalam orbital 4d yang n = 4; l = 2 (d)
Jawabannya B

Soal Nomor 7:

Berikut ini diberikan data entalpi reaksi:
2 CH2N2(s) + 3 O2(g) → 2N2(g) + 2 H2O(l) + 2CO2(g)        ΔHo = – 354,40 kkal
C(s) + O2(g) → CO2(g)          ΔHo = – 93,97 kkal
2H2(g) + O2(g) → 2H2O(l)        ΔHo = – 136,64 kkal
Nilai entalpi pembentukan bagi CH2N2 (s) adalah :

  1. 123,79 kkal/mol
  2. 14,91 kkalmol
  3. -14,91 kkal/mol
  4. – 29,82 kkal/mol
  5. 29,82 kkal/mol

Pembahasan:
Pada soal ini aslinya ada yang keliru, pada persamaan reaksi pertama seharusnya 2H2O(l) tetapi hanya tertulis 2 H2(l).
Entalpi pembentukan adalah energi yang digunakan untuk membentuk 1 mol senyawa dari unsur-unsurnya.

persamaan termokimia osn kimia 2013
N2(g) + C(s) + H2(g) → CH2N2(s)        ΔHo = 14,91 kkal
Jawabannya B

Soal Nomor 8:

Dalam senyawa atau ion yang mengandung sulfur berikut ini, muatan formal atom S dalam SO2, SO3, SO32-, dan SO42- berturut-turut adalah

  1. 0, 0, 0, 0
  2. -2, 0, 0, +1
  3. 0, +1, -2, 4
  4. 0, 0, +1, -2
  5. +1, 0, 0, -2

Pembahasan:
Muatan formal = jumlah elektron valensi unsur – jumlah elektron bebas – 1/2 elektron berikatan
S dan O memiliki 6 elektron valensi

struktur lewis SO2Muatan formal S pada SO2 = 6 – 2 – 4 = 0
Muatan formal S pada SO3 = 6 – 0 – 6 = 0
Muatan formal S pada SO32- = 6 – 2 – 4 = 0
Muatan formal S pada SO42- = 6 – 0 – 6 = 0
Atom S itu berada diperiode tiga (3), sangat dimungkinkan untuk menggunakan orbital 3d sehingga tidak lagi mengikuti kaidah oktet. Beda dengan unsur yang berada di periode 2 yang tidak memiliki orbital 2d. Jadi tidak bisa dipaksa harus mengikuti kaidah oktet, ini terkait juga dengan tingkat energi masing-masing molekul yang lebih disukai pada energi yang relatif lebih rendah.
Jawabannya A

Soal Nomor 9:

Diberikan molekul berikut ini:
I. H2C=CHCl
II. cis-ClHC=CHCl
III. trans-ClHC=CHCl
Manakah molekul tersebut yang mempunyai momen dipol tidak sama dengan NOL?

  1. hanya I
  2. hanya III
  3. hanya I dan II
  4. Hanya II dan III
  5. I, II, dan III

Pembahasan:
Molekul III (trans-ClHC=CHCl) memiliki momen dipol sama dengan nol, sedangkan pada molekul I dan II momen dipolenya tidak sama dengan nol, hayooo apa alasan….?
Jawabannya C

Soal Nomor 10:

Berikut ini adalah reaksi kesetimbangan:
4A (s) + 2B(g) ⇌ 2C(g)     ΔHreaksi = – 60 kJ
Bila reaksi sudah mencapai kesetimbangan, berikut ini manakah keadaan yang akan menggeser kesetimbangan ke arah kiri (membentuk reaktan lebih banyak):

  1. Menurunkan temperatur
  2. Menaikkan tekanan parsial C
  3. Menaikkan tekanan sistem
  4. Menambah konsentrasi A
  5. Menaikkan temperatur

Pembahasan:
Reaksi 4A (s) + 2B(g) ⇌ 2C(g)     ΔHreaksi = – 60 kJ adalah reaksi eksoterm, maka agar bergeser ke reaktan maka dapat dilakukan dengan menaikkan temperaturnya. Koefisien zat berwujud gas sama sehingga tekanan tidak mempengaruhi, sementara menambah konsentrasi A akan menggeser kesetimbangan ke kanan.
Jawabannya E

Iklan

21 responses

  1. artikel yang sangat menarik 🙂

  2. wah lumayan susah juga ya soalnya

  3. makasih banyak dah membantu kami

  4. kapan ya pak pembahasan soal uraianx ? bantu ya pak makasih

  5. soal no 8 kenapa strutur lewis nya ga ada yg oktet?
    efek resonansi ga menghasilkan double rangkap nya . . (rapat2 ikatan rangkapnya)

  6. Kan ada pengecualian pada aturan oktet, bukan begitu ya? 🙂

    1. Riris Rahmawati

      Tapi untuk senyawa2 di soal bukan termasuk perkecualian, kalau bisa oktet ya seharusnya oktet. di buku Fessenden ( kimia organik) ion sulfat mempunyai muatan formal +2. sehingga jika muatan formal S dan muatan formal ke empat atom O dijumlah menghasilkan muatan ion sulfat -2

    2. Mungkin video dari http://www.youtube.com/watch?v=x8nMuAk0ehw bisa memberi penjelasan lebih baik 🙂

  7. Riris Rahmawati

    Pada soal nomer 8 apa struktur Lewisnya nggak salah seharusnya kan bisa oktet. Tapi jika dijadikan oktet tidak ada jawaban yang benar.

    1. Riris Rahmawati

      maaf ya pak mungkin sedikit merepotkan tapi aku ingin ilmuku juga bisa berkembang seperti bapak, aku sudah buka youtube nya tapi aku ingin bapak yang menjelaskan karena bahasa bapak lebih mudah dimengerti.

  8. Riris Rahmawati

    Nomor 9 menurutku struktur iii meskipun gambar posisi transnya seolah2 sdah seimbang tapi gaya meniadakan dipol-dipolnya belum imbang (tidak sama dgn nol). Itu menurutku lho…

    1. Bagaimana kl dicek secara komputasi, atau disearch via google? 🙂

  9. assalamualaikum pak urip. Pak, bapak dapat award lagi nih dari klikharry.com, blog bapak ini mendapat award sebagai blog pintar… cek di sini ya pak ^^http://www.klikharry.com/blogger-award/

  10. terima kasih pak atas atas ilmunya semoga bapak diberikan kesehatan, kemulyaan dan kebahagiaan oleh Allah selalu untuk berbagi dengan kami……

  11. Soal yang muatan formal kayaknya anda salah deh pak, jawabannya itu +1(6-4-1) +2(6-4-0) +1(6-4-1) +2(6-4-0)

    1. SUDAH BENER KOQ…MUATAN FORMAL ITU HARUS SEMINIMAL MUNGKIN

  12. Soal olimpiade memang menantang tuk diselesaikan, kadang bikin puyeng,,,hehehe

  13. Untuk soal nomor 8, tidak ada jawaban lain yg benar selain yg A..kalo dilihat memang tidak ada yg oktet dan saya setuju dgn Pak Urip tentang atom S yg bisa melebihi kaidah oktet sehingga molekul cenderung memiliki struktur dengan muatan formal masing2 atom = 0 karena struktur tsb plg stabil..Terima kasih..Salam sains..

  14. Kak, diupdate lagi dong pembahasannya dgn soal terbaru, thanks….

  15. Untuk yang tahun ini, ada tidak uraian pembahasannya?? thanks.