Pembahasan Soal Essay Nomor 3 OSN Kimia Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2013

osn logoBerikut ini adalah pembahasan soal seleksi olimpiade sains nasional bidang lomba kimia tingkat kabupaten dan kota tahun 2013. Pembahasan soal ini dibuat oleh pengelola blog ini, sehingga jawaban dan pembahasan bisa saja tidak tepat, oleh karena itu dengan senang hati jika ada pembaca yang sudi memberikan saran dan perbaikan atas penyelesaian yang tertulis di sini pada kolom komentar.

Pada bagian ini akan dibahas hanya soal nomor 3 dari 5 nomor soal essay, nomor lainnya silahkan cek pada tulisan lain di blog ini. Tulisan dengan warna biru merupakan penyelesaian.

Soal 3. Tulang dan senyawa fosfat [24 poin]

Tulang dan gigi dibentuk dari senyawa kalsium fosfat yang mengandung unsur kalsium, fosfor dan oksigen. Kalsium fosfat dapat bereaksi dengan asam sulfat menghasilkan campuran kalsium sulfat dihidrat dan kalsium dihidrogenfosfat monohidrat yang dapat digunakan sebagai pupuk superfosfat. Kalsium fosfat juga dapat bereaksi dengan asam fosfat membentuk kalsium dihidrogenfosfat yang dikenal sebagai pupuk tripelfosfat. Jika ammonia direaksikan dengan asam fosfat terbentuk ammonium dihidrogen fosfat yang menjadi pupuk yang sangat efisien.

soal uraian penyelesaian no 3 osn kimia kab 2013

Berikut pembahasan soal pilihan berganda pada soal osn kimia tingkat kabupaten tahun 2013:

Berikut pembahasan soal essay pada soal osn kimia tingkat kabupaten tahun 2013 nomor lainnya:

2 responses

  1. Assalamualaikum pak.
    Blog bpk ini sangat membantu saya dalam membahas soal osn trsbt.
    Tapi saya mau menambahkan pak, khususnya soal esay no ‘3’ bagian “c” dan “d” menurut saya hal tersebut di pengaruhi oleh ada tidak nya unsur “nitrogen” dalam senyawa berikut, karena unsur yang di butuhkan tumbuhan adalah nitrogen itu sendiri.
    Sekian sarannya pak
    wassalam Rikos

  2. assalamualaikum pak….
    saya mau tanya , soal pembahasan OSN kimia tahun 2014 yang essay mengapa tidak ada?