Pembahasan Soal No 2 Essay OSP Kimia Tahun 2013

Kali ini akan saya tulis pembahasan soal nomor 2 bentuk essay dari OSP Kimia tahun 2013 untuk seleksi TIM OSN Kimia tahun 2014. Soal dan pembahasannya juga sudah saya sediakan dalam format PDF. Silakan unduh dari pranala (link) di bawah ini.

Soal 2. Elektron dalam atom [15 poin]

Untuk menghitung energi elektron pada atom hidrogen dan ion yang mirip hidrogen, digunakan persamaan E=-\frac{2\pi^{2}mZ^{2}e^{4}}{n^{2}h^{2}} atau  E=-\frac{-13,6.Z^{2}}{n^{2}}. Dari persamaan tersebut diperoleh energi elektron atom hidrogen pada kulit pertama (n = 1) sebesar -13,6 eV

  1. Apa arti ion yang mirip hidrogen?      (2)
  2. Jelaskan makna Z dan n dari persamaan di atas                 (4)
  3. Dengan menggunakan persamaan  tersebut, htunglah nilai energi elektron (dalam satuan eV) pada atom hidrogen di kulit ke tiga.         (3)
  4. Hitung energi elektron (dalam satuan eV) pada ion Li2+ di kulit ke dua.                   (3)
  5. Berapa besar energi yang dipancarkan (dalam satuan eV) ketika elektron pada atom hidrogen berpindah dari kulit ketiga ke kulit kesatu.          (3)

Download soal dan pembahasan soal nomor 2 OSP Kimia tahun  2013.

Dengan senang hati saya menerima usul perbaikan dalam pembahasan soal di atas. Kotak komentar menanti sumbang saran dari saudara :)

Selamat belajar… semoga bermanfaat.

Wassalam,

Urip Kalteng.

Iklan

One response

  1. Selamat Siang dan selamat liburan. Karena gak ada acara, jadi ane mau ngasih hiasan di kolom komentar ini. Btw Postingannya mantep dan ditunggu update terbarunya. Terima Kasih