Soal Perbandingan Kf/Kb pada Bahasan Sifat Koligatif Larutan

Perbandingan harga Kf terhadap Kb untuk air adalah 3,65. Jika suatu larutan dalam air membeku pada suhu -0,8020 °C, maka larutan tersebut akan mendidih pada suhu ….
Sumber soal dari buku Kimia BSE oleh Wening Sukmanawati halaman 22 soal pilihan ganda no 11.

Soal–soal dalam latihan soal buku kimia memang sering bermacam–macam variasinya, jelas ini menguji pemahaman terhadap konsep topik yang sedang dipelajari. Memahami kalimat dalam soal juga memerlukan keterampilan yang dapat diasah dengan banyak menjelajah, melahap berbagai soal sehingga terbiasa. Seperti soal sederhana di atas itu.

Biasa kan, kalau ingin menentukan titik didih (dalam hal ini larutan nonelektrolit saja) hanya menggunakan 100 + ΔTb, di mana ΔTb = m.Kb. Nah pada soal di atas tidak demikian. Karena besar Kf dan Kb hanya berupa nilai perbandingan.

Kemudian berapa konsentrasinya kan tidak diketahui, tapi jangan kuwatir ini pasti tidak akan diperlukan dalam perhitungan soal ini. itu (tentu kosentrasinya sama, kan memang larutan itu–itu saja). Coba dipahami kalimat “Perbandingan harga Kf terhadap Kb untuk air adalah 3,65”. Perbandingan ini dapat dinyatakan Kf/Kb . Oleh karena itu hubungan Kf/Kb untuk larutan itu dapat dituliskan Kf/Kb = 3,65

Ingat

ΔTf = m.Kf

ΔTb = m.Kb

Karena m sama maka persamaan itu menjadi

ΔTf /ΔTb =  m . Kf / m . Kb

ΔTf /ΔTb =  Kf / Kb

0,802 oC / ΔTb =  3,65

ΔTb = 0,802 oC / 3,65

ΔTb = 0,22 oC

Maka Tb larutan = 100 oC + 0,22 oC = 100,22 oC .

Jadi titik didih larutan tersebut adalah 100,22 oC. Ketemu kan?!

(eh loh… di soal kan ΔTf tertulis negatif , kok di sini jadi positif? Ingat perubahan itu selalu berharga positif (mutlak)).

Kalau ada yang bertanya larutan tersebut itu elektrolit atau non elektrolit?  Bedanya kan hanya ada dan tidaknya pengaruh faktor Van’t Hoff saja. Anda itu larutan elektrolit tentu faktor Van’t Hoff yang digunakan untuk menghitung kan sama jadi tidak masalah itu elektrolit atau non elektrolit.

Begitu.

Wassalam