Tabel Periodik Unsur-unsur dalam Format XLS

Format tabel periodik unsur-unsur kebanyakan yang beredar di jagad maya berformat image (gambar), kadang format file animasi, juga format pdf. Semua memiliki kelebihan dan kekurangan sesuai dengan tujuan yang membuatnya. Namun demikian ternyata untuk format lain juga masih dapat kita jumpai. Misalnya tabel periodik unsur-unsur dalam format xls (microsoft excel) bahkan format image vektor juga ada.

Format XLS ini memiliki kelebihan ketika kita akan memerlukan data tertentu yang akan dihubungkan dengan data lain sesuai tujuan. Misalnya untuk menampilkan grafik data tertentu (biasanya data yang terkait sifat periodik unsur), kita bisa memformat grafik sesuai keinginan, tidak seperti selama ini yang hanya menggunakan data berformat image yang relatif sulit untuk dimodifikasi sesuai keperluan. Bahkan dari data asli yang telah dikumpulkan tersebut kita masih dapat mengubahnya, misalnya dengan mengalihbahasakannya.

Beberapa di antaranya ada di tautan ini dan tautan ini.

ptmrbigler screenshoot by urip

ptvertex42 screenshoot by urip

Dengan adanya data yang relatif lengkap maka dengan mudah pula kita bisa membuat tabel periodik unsur-unsur untuk keperluan cetak gambar dengan ukuran raksasa misalnya, tanpa harus mengurangi kualitas cetak yang bisa disesuaikan untuk tujuan tadi. Intinya dengan ketersediaan data dalam format excel yang telah terorganisir dengan baik kita bisa bebas memanfaatkannya, titik.

Selamat berkreasi untuk mengoptimalkan yang ada guna memperlancar pembelajaran kimia. Semoga sekelumit informasi ini bermanfaat.

Urip Kalteng.

One response

  1. Terima kasih pak Angel jadi tambah pengetahuannya dan ijin download untuk dibagikan ke murid les mama