Cara Menampilkankan Tool Tersembunyi pada Aplikasi Marvin Sketch (Drawing Mode)

chemaxonMarvin Sketch adalah salah satu aplikasi powerfull yang dapat digunakan sebagai fasilitas mengajar atau membuat teks yang terkait visualisasi atau penggambaran suatu atom, ion, molekul, termasuk ikatan kimia yang terjadi di dalamnya. Siapapun yang berhubungan dengan kimia akan banyak terbantu dengan aplikasi ini. Dengan tampilan sederhana ternyata tersembunyi tool-tool (alat) yang hebat. Sengaja oleh pengembangnya tidak ditampilkan secara lengkap, tujuannya aga end user (pengguna) dapat melakukan customize (penyesuaian sesuai dengan keperluan). Oh ya kalau mau download Marvin Sketch silahkan klik di sini. Jangan lupa beri tanda centang pada “I Accept the License Agreement”. Kalau diperlukan register silakan register dulu, gratis kok.

Tool (alat) yang tersembunyi itu yang seperti apa? Yah pokoknya fasilitas yang kita perlukan yang tidak tampil pada Marvin Sketch standar, namun semua itu ada dan diperlukan pengaturan agar bisa kita optimalkan.

Kali ini dibahas tentang bagaimana memunculkan tool untuk menyisipkan pasangan elektron bebas (PEB) alias elektron lone pair electron serta bagaimana cara menggunakannya untuk menggambar struktur Lewis molekul tertentu.

Berikut ini tampilan standar Marvin Sketch:

marvin sketch 1 by urip kaltengMemunculkan toolbar yang diperlukan, misalnya sekarang akan dimunculkan toolbar untuk menyisipkan pasangan elektron bebas (electron lone pairs) serta radikal bebas.

  1. Buka Marvin Sketch yang telah diinstall yang tampilan antarmuka-nya seperti gambar di atas.
  2. Klik menu Edit > Preference >  Pindahkan ke Tab Structure dan ikuti petunjuk di bawah ini.
  3. marvin sketch Preference by urip kaltengBerikutnya adalah bagaimana memunculkan tool tersembunyi baik sebagai toolbar atau sub menu.marvin sketch View Customize by Urip Kaltengmarvin sketch Add New Toolbars by Urip Kaltengmarvin sketch Add Command Toolbars by Urip Kaltengmarvin sketch aktifkan Toolbars by Urip KaltengLakukan langkah yang sama untuk menambahkan Toolbar  Insert Radical (kadang diperlukan juga untuk menambahkan 1 elektron kan?)marvin sketch final by urip kalteng
  4. Jika dikehendaki kita dapat memindahkan toolbar yang baru kita tambahkan ke sisi tertentu dengan klik-tahan bagian bergaris putus-putus dekat dengan toolbar yang berkaitan.
  5. Untuk Toolbar lainnya bisa mengikuti langkah di atas sehingga kita bisa senyaman mungkin dengan tampilan menu sesuai keperluan, yang tidak perlu bisa kita sembunyikan, dan kita atur tata letaknya.

Untuk membuat struktur Lewis dengan Marvin Sketch online silakan baca caranya di Cara Lebih Mudah Menggambar Stuktur Lewis dengan Marvin Sketch Online.

Tutorial lainnya tentang Marvin Sketch akan dilanjutkan pada tulisan berikutnya.

Selamat mencoba untuk mengajar dan menyiapkan bahan belajar lebih mudah.

Wassalam

Urip Kalteng.

3 responses

  1. […] Cara Menampilkankan Tool Tersembunyi pada Aplikasi Marvin Sketch (Drawing Mode) […]

  2. lengkap tutorialnya..dan mudah dipahami..makasih