Penyetaraan Reaksi Redoks dengan Tiga Persamaan (Dua Reaksi Oksidasi dan Satu Reaksi Reduksi)

menyetarakan reaksi redoks dengan cara mudah bu urip kaltengUmumnya reaksi redoks terutama pada pelajaran kimia SMA hanya melibatkan satu reaksi reduksi dan satu reaksi oksidasi saja. Bagaimana jika dalam reaksi redoks itu yang terlibat tidak seperti itu, misalnya ada 2 macam reaksi oksidasi dan 1 macam reaksi reduksi atau sebaliknya, atau lebih banyak kombinasi lagi? Ok nanti akan dibahas satu persatu-satu. Pada tulisan ini akan dibahas reaksi redoks yang melibatkan dua reaksi oksidasi dan satu reaksi reduksi.

Pada penyetaraan reaksi redoks prinsip utama yang harus diingat adalah setara jumlah atom dan muatan. Karena umumnya reaksi berlangsung sebagai larutan (dalam air) maka spesi H2O, H+, atau OH dimungkinkan muncul ketika reaksi setara.

Soal: Setarakan reaksi FeS + NO3  → Fe3+ + SO42– + NO  (suasana asam)

1. Penyelesaian dengan metode biloks

FeS + NO3  → Fe3+ + SO42– + NO  (suasana asam)

Perhatikan Fe dan S mengalami oksidasi dan N mengalami reduksi.

redoks FeS metode biloksSamakan muatan dengan menambah H+ karena reaksi berlangsung dalam suasana asam. Berikutnya samakan H dengan menambahkan molekul H2O.

Hasil akhir: FeS + 3NO3  + 4 H+ → Fe3+ + SO42– + 3NO + 2H2O

2. Penyelesaian dengan metode setengah reaksi yang dimodifikasi

Prinsip metode ini adalah dengan membagi dua persamaan reaksi, yang memiliki kesamaan unsur (selain O dan H tentunya) dijadikan satu kelompok. Kemudian disetarakan dengan cara biasa menyetarakan dengan menggunakan metode setengah reaksi biasa, dan pada penyetaraan jumlah O dan H dilakukan seperti contoh penyelesaian soal ini.

FeS + NO3  → Fe3+ + SO42– + NO  (suasana asam)

redoks FeS metode setengah reaksiKarena reaksi berlangsung dalam suasana asam maka 2OHyang muncul pada sisi kanan harus dinetralkan dengan menambah 2H+ di kedua ruas. Andai berlangsung dalam suasana basa tentu 2H+ itu harus dinetralkan dengan 2OH dengan menambahkan 2OH di kedua ruas.

Hasil akhir: FeS + 3NO3  + 4 H+ → Fe3+ + SO42– + 3NO + 2H2O

Demikian dan wassalam,
Urip Kalteng.

Tulisan terkait dengan bahasan ini:

2 responses

  1. Trimakasih….(dapat salam dari Pak LAZUARDI (FISIKA)SMAN 1 DRIYOREJO

  2. Bgaimn dg yg sperti ini ?
    K2Cr2O7 + FeSO4 –> Cr2(SO4)3 + Fe2(SO4)3