Kisi-kisi Ujian Nasional 2014 (akan) sama dengan Kisi-kisi UN 2013

Ujian nasional (UN) meskipun tidak sedikit yang tidak setuju untuk diselenggarakan tapi pemerintah bersikukuh untuk terus menyelenggarakannya. Sebagaimana konvensi UN beberapa waktu lalu yang telah menyepakati akan tetap menyelenggarakan UN (kesepakatan hasil musyawarah yang sudah dapat diterka hasilnya) .Bahkan tahun lalu saja sudah dicetuskan bahwa  kisi-kisi UN 2013 (2012/2013) akan sama dengan kisi-kisi UN 2014 (2013/2014) dan juga tahun berikutnya , alasannya karena tidak banyak berubah. Itupun kalau pemerintah tidak ingkar dengan pernyataannya.

Untuk melihat kisi-kisi soal UN tahun 2012/2013 dan memang belum memiliki silahkan klik di sini.

Pernyataan itu seperti yang ditulis di Kompas tahun lalu: “Ketua BSNP Aman Wirartakusumah mengatakan bahwa kisi-kisi UN 2013 ini diproyeksikan akan terus digunakan hingga tiga tahun ke depan. Pasalnya, dari tahun ke tahun tidak terdapat banyak perubahan dalam kisi-kisi UN sehingga dipandang lebih efektif jika kisi-kisi yang baru ini tidak hanya dipakai untuk tahun depan. Ada memang, tapi hanya sedikit sekali. Untuk itu, kami rencanakan kisi-kisi ini berlaku untuk tiga tahun ke depan karena perubahan yang tidak banyak,” kata Aman kepada Kompas.com, Jumat (23/11/2012).”

Pantas saja saat jelang UN 2013, pihak kemdikbud sudah berani membuat pernyataan seperti itu, direncanakan dipakai selama 3 tahun hingga pergantian kabinet baru nanti. Keteguhan untuk tetap menyelenggarakan UN itu pun tersurat dari ucapan mendikbud, silahkan simak di berita ini. Ada kepentingan apa sebenarnya ini?

Berdasarkan analisis kisi-kisi UN 3 tahun terakhir untuk mata pelajaran kimia SMA/MA memang tidak ada perubahan signifikan. Untuk itu tidak terlalu penting lagi kita menunggu keluarnya kisi-kisi soal UN tahun 2013/2014. Tidak perlulah kita menghabiskan energi untuk mencari kisi-kisi soal UN lagi kita manfaatkan yang sudah ada toh kurikulum yang digunakan masih sama, yang berkuasa untuk menetapkan itu juga masih sama.

============================================================================

Update… Silakan unduh dokumen terkait UN 2013/2014

===========================================================================

Sedikit opini terkait UN dan politik

Konvensi UN yang belakangan dilakukan itu apa tujuan pokoknya yah? Kan sebelumnya sudah ada pernyataan akan tetap dan menggunakan kisi-kisi yang sama. Kalau kita kaitkan dengan pergantian kabinet dan menteri yang akan dilakukan sekitar Oktober 2014, maka itu seakan ada kepentingan yang bersifat politis hingga kabinet ini berakhir. Menurut saya, ini jelas hal yang kerdil, selama pemerintahan ini berkuasa maka kekuasaannya sesuka dia. Tidak ada perencanaan jangka panjang yang matang yang siapupun nanti berkuasa akan melanjutkannya. Barangkali kegiatan UN ini juga dapat dijadikan mesin pencari dana untuk pemilu (pemenangan pemilu) tahun depan?!

Lalu bagaimanakan UN tahun berikutnya, tahun 2014/2015, tahun 2015/2016,… hingga berakhirnya kabinet berikutnya? Jika paradigma yang dipakai tidak beda tentu UN itu akan langgeng di negeri ini. Sementara di negara maju lain sudah tidak lagi menerapkan UN yang bersifat menghabisi dan mengebiri pendidikan di negerinya. Berangan pendidikan yang lebih baik tanpa ada tendensi sekedar kepentingan angka yang disebut nilai namun tidak bermakna untuk kehidupan.

Iklan

29 responses

  1. UN = “Ujian Ngarang” bisa nga kita plesetkan seperti itu ????

    1. bohong dasar blog tai

    2. Apa Betul entr Un 2014 sma dgn 2013??

  2. yg penting itu bagaimana caranya agar UN tidak bocor

    masalahnya, yg 20 paket aja masih bisa bocor

    1. hanya keimanlach yg akn mmbuat UN itu tdk akan bocor

    2. konon yg bnyk paket

  3. riri anggara pelapas

    semoga un tahun akan datang tak ada masalah……..

    1. yayuk lailatul zahro

      aminnn,,semoga berjalan lancar dan lulus 100%

  4. amiiiiiiiiiin regk dungakno yooooo ooooccccccceeeeee

    1. dongakne piye

  5. bayu adhi prastyo

    semoga un tahun 2014 aku lulus dengan nilai yang aku inginkan dan aku kasih saran kepada teman teman jagan gampang putus asa untuk menjawab jawabannya

  6. bayu adhi prastyo

    semoga un tahun 2014 aku lulus dengan nilai yang aku inginkan dan aku kasih saran kepada teman teman jagan gampang putus asa untuk menjawab soal soal yang kamu anggap kamu mudah jagan engkau sekali sekali menyotek atau mendapatkan bocoran dari siapapun yang penting kamu sudah berusaha dengan kamu belajar selama 3 tahun

    1. benar yg di katakan anda,jangan terpaku kepda bocoran,belum tentu bocoran terdebut semuanya benar walaupun salah satu nya ada saja yg benar…

      balas

  7. mudah2an aj un x nie lancar

  8. Semoga UN 2014 ini, semua murid kelas 9 SMP N.1 Talaga Raya lulus 100%.

    *AMIN*

  9. Semoga UN 2014 ini, semua murid kelas 9 SMP N.1 Talaga Raya lulus 100%.

    *AMIN*

  10. Smoga UN thun ini, Q Llus dgn Nlai yg memuaskN.

    Amin….

  11. Semoga UN ini sy bisa menjawap soal” yg ada…!!

    “amin”

  12. semoga siswa SMK YP FATAHILAH 1 KRAMATWATU da saat UN lancar semua & LULUS

    semanggat smuanya 🙂

  13. Etika yuni saputri

    Semoga siswa SMAN 1 ARJASA-kangean lulus dg nilai yg memuaskan d thun ini. .amin

  14. ajaib kali ya kalo un tidak bocor

  15. […] Pernyataan itu seperti yang ditulis di Kompas tahun lalu: “Ketua BSNP Aman Wirartakusumah mengatakan bahwa kisi-kisi UN 2013 ini diproyeksikan akan terus digunakan hingga tiga tahun ke depan. Pasalnya, dari tahun ke tahun tidak terdapat banyak perubahan dalam kisi-kisi UN sehingga dipandang lebih efektif jika kisi-kisi yang baru ini tidak hanya dipakai untuk tahun depan. Ada memang, tapi hanya sedikit sekali. Untuk itu, kami rencanakan kisi-kisi ini berlaku untuk tiga tahun ke depan karena perubahan yang tidak banyak. (KENNY) […]

  16. yaallah smoga aku dan pcrku lulus amin…

  17. Peluang Bisnis Dahsyat Yusuf Mansur. “Orang islam harus KAYA”
    dan “Beli Kembali Aset Indonesia” dengan INDONESIA BERJAMAAH
    Segera Amankan Posisi Anda, Segera JOIN bersama
    Komunitas VSI , bisnis terbaru Ustadz Yusuf Mansur
    Dengan Produk V-pay ( Virtual Payment ) Anda akan
    dimudahkan dalam hal urusan pembayaran listrik,
    telpon, pulsa, PDAM, TV Berbayar, Internet, Asuransi,
    Kartu Kredit dan lain-lain. Transaksi dapat dilakukan
    melalui Website, SMS, Android, BlackBerry, iPhone dan YM.
    Penasaran Dengan Bisnis Ustd. Yusuf Mansur ini Kunjungi Website: KLIK DISINI

  18. Terimakasih isi kisanya pak…

    Ini akan sangat membantu 😀

    http://berbagimod.blogspot.com

  19. Bagaimana dengan tahun ini apakah msih memakai paket 20 atau akan berubah