Cara Download File Flash (Animasi) Media Pembelajaran di Internet dengan Firefox

firefoxAnimasi interaktif atau flash media pembelajaran banyak bertebaran di jagad maya. Meskipun banyak tersedia mengunduhnya tidak dapat dilakukan begitu saja kecuali kita sudah terbiasa dan memang disediakan link atau pranala oleh si pemilik website atau blog. Untuk itulah diperlukan teknik atau cara tertentu sebagaimana akan dibahas pada tulisan ini. Ada beberapa cara untuk mengunduh atau men-download file-file animasi interaktif atau flash dengan extensi swf, terutama jika kita menggunakan alat jelajah Mozilla Firefox. Mulai dengan tangan kosong hanya dengan Firefox murni sampai dengan menggunakan add-ons yang tersedia untuk firefox.

Teknik Tangan Kosong πŸ™‚

Buka website atau blog yang terdapat animasi atau flash media pembelajaran interaktif β†’ Klik Menu Tools β†’ Page Info β†’ Pindahkan dari Tab General ke Tab Media β†’ Pada kotak address cari link yang tulisan akhirnya swf (ini ekstensi untuk flash atau animasi) β†’ Klik Save As…

Ok file animasi atau flashnya siap untuk disimpan di komputer kita untuk digunakan secara offline. Untuk membukanya dapat menggunakan swf player yang stand alone atau dapat juga dibuka dengan menggunakan Firefox.

page info urip kalteng page info tab urip kaltengMenggunakan Add-ons DownthemAll

Jika belum terpasang (terinstall) DownThemAll add-ons silakan baca manualnya di sini.
Jika sudah, buka website atau blog yang terdapat animasi atau flash media pembelajaran interaktif β†’ Klik Menu Tools β†’ DownThemAll! Tools β†’ DownThemAll…

downthemall cara 1 urip kaltengPindah dari tab Links ke tab Pictures and Media β†’ Klik Filter dan hilangkan tanda centang dengan nge-klik kotak putih segiempat β†’ Klik Fast Filter dan ketik swf (ekstensi animasi atau flash interaktif itu) β†’ Klik Start, maka pengunduhan di mulai.

downthemall cara urip kaltengdownthemall cara 2 urip kaltengPerhatikan tempat penyimpanan file sehingga kita tidak kesulitan mencari file flash yang baru saja terdownload. Untuk membukanya dapat menggunakan swf player yang stand alone atau dapat juga dibuka dengan menggunakan Firefox.

Menggunakan Add-ons Firefox SWF Catcher

Add-ons ini sangat simpel, begitu terinstall kita restart firefox yang sedang terbuka dan tinggal tekan Alt+O maka file flash atau swf siap diunduh. Jika belum terpasang di firefox silakan unduh dan install dari pranala ini. Jika sudah terinstall dan sudah restart firefox-nya ikuti langkah berikut:

Buka website atau blog yang terdapat animasi atau flash media pembelajaran interaktif β†’ Klik Menu Tools β†’ Klik Sothink Flash Downloade for Firefox. Bisa langsung saja begitu website atau blog yang mengandung animasi kita bisa tekan tombol Alt+O pada keyboard.

swf catcher 0 urip kaltengBerikut tampilan setelah langkah di atas ini. Perhatikan jendela layar di bagian kiri, itu adalah file flash (animasi) yang ada di website atau blog yang sedang kita buka. Klik kanan link file yang berakhiran swf itu β†’ Pilih Save… dan simpan di folder yang dikehendaki kemudian Klik tombol Save.swf catcher 1 urip kaltengswf catcher 2 urip kaltengMenurut saya cara terakhir ini adalah cara paling mudah. Selamat mengunduh file-file animasi atau flash untuk media pembelajaran. Mari layani siswa dengan baik dan menyenangkan.

Wassalam,
Urip Kalteng

Iklan

6 responses

  1. Kl pl chrome tinggal save as. Tp mmg kdg g lengkap. Tks infonya pal. Nanti sy coba ah.

    1. Selamat mencoba Mas Dzulfikar πŸ™‚

  2. sonya fiskha dwi patri

    terimakasih infonya pak ,,, sangat membantu πŸ™‚

  3. wah makasi banyak nie infonya saya jadi tahu cara download flas yang cepat…

  4. Hamka Malagapi, S.Pd

    Bagus Informasinya Insya Allah saya coba dan digunakan dalam kurikulun 2013 mudah-mudahan bisa tampil beda dan mendapat berkah dari Allah Subhaanhu Wata ‘aala, amin. (SMA Negeri 2 Tidore Kepulauan Propinsi Maluku Utara)